Kisah Emak-Emak Kabinet Sego Bungkus Lawang


Banyak hal baik bisa dilakukan untuk sesama. Adalah Kabinet Sego Bungkus (KSB) Lawang yang setiap hari memberikan nasi gratis kepada siapa saja yang membutuhkan. Nasi itu tak hanya disediakan oleh anggota komunitas, tapi juga sumbangan dari para donatur. Ya, masyarakat sekitar Lawang akhirnya ikut antusias menyumbangkan nasi bungkus gratis.
”Di etalase inilah nasi bungkus dikumpulkan. Siapapun boleh menaruh, dan mengambilnya tanpa perlu izin,’’ kata Fierda Meriana, Humas KSB kepada Malang Post.
Wanita yang dikenal dengan nama Nonie Basalamah ini mengatakan, jika etalase itu ditempatkan di depan toko miliknya. Setiap hari etalase itu buka. Bahkan meskipun toko miliknya tutup.
”Pukul 06.00, meskipun toko kami belum buka, etalase lebih dulu kami letakkan di luar. Di situ warga kemudian menaruh nasi bungkus, seiring kemudian berdatangan warga mengambil. Etalase kembali kami masukkan pukul 17.00,’’ urainya.
Dia pun mengatakan, jika dalam etalase masih ada nasi, maka langsung dibagikan. Prioritasnya adalah kepada gelandangan dan pengemis. Nonie menceritakan KSB berdiri sejak Oktober 2018 lalu. Berawal dari kumpulan emak-emak wali murid TK Al Husnah. Di mana saat itu itu para ibu kerap kali mengadakan kegiatan sosial. Mulai dari membantu korban gempa di Lombok, membantu korban gempa di Palu, juga menggelar kegiatan santunan anak yatim.
Dari kegiatan yang kerap digelar itulah, kemudian salah satu wali murid mencetuskan ide untuk membuat kegiatan sosial yang bersifat rutin. ”Kami pun berpikir, saat itu kegiatan sosial yang rutin digelar setiap hari,’’ tambah ibu empat anak ini.
Hingga akhirnya, Anies Prasetyanti mencetuskan ide membagikan nasi bungkus kepada warga yang membutuhkan. Anies tak sekadar berucap, ide itu juga disertai dengan foto. Di mana menurut Nonie dalam foto tersebut memuat gambar sebuah etalase dengan stiker berbahasa arab yang artinya nasi gratis.
”Saya tidak tahu itu foto di negara mana. Tapi yang jelas, dari foto tersebut menggambarkan sebuah kegiatan sosial yang dilakukan komunitas yaitu membagikan nasi gratis,’’ ungkapnya mewakili para pengurus lainnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :