Melihat Konser Emas Lady Rocker Pertama Indonesia


MALANG POST - Konser emas lady rocker pertama Indonesia, Sylvia Saartje menghentak Studio UBTV, Sabtu malam lalu, di Jalan Veteran. Disaksikan oleh fans dan kerabat dekatnya, Jipi, sapaan akrabnya, memukau dengan suara khas rock. Kendati sudah berusia 62 tahun, kelincahan serta vokal powerfulnya terpancar dari atas panggung.
Jipi tidak sendirian dalam konser emasnya., Dia didampingi 26 musisi perempuan asli Malang serta 10 Aremanita. Dengan konsep rock orchestra, Jipi menghadirkan musik rock bernuansa klasik yang dicintai para fansnya sejak era 80-an. Jipi mengatakan, para wanita yang menjadi para pemain musik dan backing vocal, sebagian besar adalah wanita pekerja dan ibu.
“Semuanya anak Malang, ada yang ibu-ibu saat siang harus bekerja, tapi mereka bisa di sini. Karena wanita juga bisa do something, beri applause bagi mereka,” ucap Jipi disambut tepuk tangan penonton.
Dalam konser emas ini, Jipi menyanyikan sepuluh lagu. Beberapa lagu yang sangat terkenal dan membuat penonton tak tahan untuk ikut bernyanyi, juga digaungkan oleh Jipi.
Yakni, lagu Kepada Siapa Aku Mengadu, Karena Cinta, Pulauku, Jakarta Blue Jeansku, hingga Biarawati yang mendayu.
Jipi mengatakan lagu Biarawati adalah lagu yang membuka jalannya sebagai penyanyi industri rekaman musik Indonesia era 70-an. Karena, sebelumnya Jipi mengawali karirnya dari atas panggung musik ke panggung lainnya. Dia lalu berkolaborasi dengan gitaris Godbless, Ian Antono dan memproduksi Biarawati lewat PT Iramatara Jakarta pada 1979.
“Aku rekam lagu (Biarawati) ini 1979, saat itu aku masuk dunia industri rekaman Indonesia tadinya nyanyi dari panggung ke panggung. Secara khusus saya berterima kasih kepada wartawan. Karena, tanpa wartawan, tidak ada nama Sylvia Saartje,” ujar Jipi.
Lagu Love Is The Answer di penghujung konser, disambut tepuk tangan riuh para fans Jipi. Konser emas ini terasa spesial karena para musisi, penggiat musik rock dan artis yang menjadi rekan dari Jipi, ikut hadir. Misalnya saja, Voice of Malang, serta produser musik rock, Log Zhelebour.
Log mengaku mengapresiasi sosok Jipi yang masih strong dan prima memasuki usia emas sebagai musisi rock. Dia menyebut julukan sebagai lady rock pertama Indonesia sangat tepat disematkan pada Jipi. Sementara itu, setelah konser berakhir, kerabat serta keluarga, memberikan kejutan ulang tahun kepada Jipi di atas panggung.
Kue ulang tahun ke-62 dinaikkan ke panggung dan ditiup oleh Jipi di antara kehangatan keluarga dan kerabat dekatnya. (fin/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :