Ratna Dwi Rachmawati, Perempuan di Top Manajemen Hotel


MEMIMPIN DENGAN HATI: Ratna Dwi Rachmawati General Manager Hotel Aria Gajayana dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesia Hotel General Manager (IHGM) Malang Raya.
MALANG - Ketika mendengar Hotel Aria Gajayana tentunya tak bisa lepas dari sosok sang General Manager (GM), Ratna Dwi Rachmawati. Perempuan berambut pendek ini terkenal di kalangan para hotelier.  Ia sudah 25 tahun berkecimpung di bisnis perhotelan, berawal dari administrasi hotel.
Selain sosoknya yang ramah dan juga memiliki kemampuan memimpin yang hebat, Ratna juga cukup eksis di berbagai organisasi perhotelan, yakni menjadi Wakil Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesia Hotel General Manager (IHGM) Malang Raya.
Berbagai jabatan bergengsi tersebut tentunya didapat dari perjalanan yang cukup panjang. Beberapa waktu lalu, Ratna berbagi perjalanannya kepada Malang Post. Selepas lulus kuliah, sekitar tahun 1992-1993, Ratna diminta untuk mengikuti job training yang diadakan di Hotel Garden Palace Surabaya. 
“Kemudian, saya mencoba mengikuti training tersebut. Setelah itu, saya dipercaya menjadi bagian mengurus administrasi di hotel itu,” terang Ratna ketika ditemui Malang Post.
Setelah dua tahun berjalan, Ratna kemudian berpindah properti. Ia mulai menapakkan kaki di Pakuwon Jati, yakni properti yang mengurusi soal perumahan rakyat. Di sana, ia mengabdi selama dua tahun menjadi bagian administrasi dan juga sales. 
Tak berhenti sampai disitu, Ratna kemudian kembali berpindah haluan. Kali ini, ia berbelok ke Golf Graha Family dan berperan sebagai Senior Sales Executive. Tak berselang lama, Ratna kemudian kembali ke dunia perhotelan. Ia bekerja di Hotel Sativa yang ada di kawasan Pacet, Mojokerto. 
“Hotelnya termasuk hotel butik. Di sana, saya berperan sebagai Sales Marketing Manager. Berapa lamanya saya lupa. Sebab, sudah lama sekali,” papar perempuan asal Surabaya itu sambil mengingat-ingat.

Berita Terkait

Berita Lainnya :