Tim FPIK UB Juara Dua Kompetisi Internasional


Tim mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) berjaya. Mereka meraih posisi juara pada dua kompetisi internasional beberapa waktu lalu. Hebatnya, ada dua kompetisi internasional yang mereka juarai. Tim ini menciptakan karya inovatif terkait biodiesel.
Posisi yang mereka raih adalah juara ke-3 International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) pada 5-6 April 2019 di Johor. Serta raih Bronze Medal dalam ajang International Invention and Innovative Competition Series I (InIIC) pada 27 April di Melacca Malaysia.
Kedua ajang internasional tersebut bertujuan mendorong generasi muda menjadi lebih inovatif. Sebab menampung penemuan-penemuan hebat inovator lokal dan internasional. Tujuannya agar lomba dan temuan itu membawa manfaat bagi kesejahteraan dan pengembangan mahasiswa.
Kali ini, tim mahasiswa FPIK UB terdiri dari Anita Nurmulya Bahari, Muhammad Iqbal Hardyanto, dan Ade Nanda Meilya Ndari untuk IBCEx. Kemudian Anita Nurmulya Bahari, Dion Saputra, Fanny Syaifuddin, Muhammad Alfiandi Rachmad Harahap untuk InIIC.
Pada kedua ajang tersebut, mereka membuat inovasi produk biodiesel yang bahan bakunya utamanya berasal dari limbah minyak jelantah. Kemudian juga menggunakan bahan lain seperti limbah serat tebu, serta cangkang kerang dara.
"Tim kami terus mencari dari berbagai sumber seperti jurnal dan melakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban bagaimana saya menggunakan semua bahan dari limbah agar menghasilkan biodiesel," ungkap Anita.
Mereka berhasil menciptakan biodiesel tersebut tentunya melalui beberapa kali percobaan. Sehingga bahan-bahan yang dipilih menjadi suatu komposisi yang tepat. Proses pertama yaitu minyak jelantah harus diretreatment menggunakan limbah serat tebu. Sebelumnya limbah serat tebu yang telah diolah menjadi bubuk. Lalu dicampur dengan minyak jelantah selama 1-2 hari.
Lebih lanjut, minyak jelantah tersebut dianalisis kandungan kimia yang ada di dalamnya, seperti halnya kandungan efek asam. Kemudian akan ditemukan hasil kualitas minyak yang sudah dicampur cukup baik atau tidak.

Berita Terkait

Berita Lainnya :