Polres Siapkan 800 Personil

 
MALANG – Sebanyak 800 personil atau 2/3 dari kekuatan Polres Malang, disiagakan dalam pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, yang digelar 27 Juni mendatang. Mereka akan disebar di seluruh TPS (tempat pemungutan suara) dan wilayah Kabupaten Malang.
“Itu hanya kekuatan dari Polri saja. Karena nanti saat pengamanan ada bantuan BKO dari TNI AD serta personil dari Brimob Ampeldento Pakis,” terang Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono.
Total ada 3838 TPS dari 30 kecamatan di Kabupaten Malang, yang masuk wilayah hukum Polres Malang, yang nantinya mendapat penjagaan. Untuk TPS aman, nantinya satu personil polisi akan menjaga 6 TPS dibantu 12 anggota Linmas. Sedangkan untuk yang rawan 1 personil berjaga 3 TPS.
Namun sejauh ini, kata mantan Kasatreskrim Polres Malang ini, tidak ada daerah atau TPS yang masuk dalam kategori rawan. Semuanya dalam kondisi aman. Kerawanan hanya secara geografis yakni ancaman bencana alam saja.
“Seperti daerah Pantai Licin di Kecamatan Tirtoyudo, yang kondisinya sangat rawan bencana alam,” ujarnya.
Dikatakannya, untuk menentukan daerah rawan ada sebelas aspek yang harus ditinjau. Diantaranya karena kesiapan penyelenggara Pemilu yang tidak siap. Adanya gangguan Kamtibmas serta karakteristik wilayahnya.
“Jika semua aspek itu memang ada, maka baru dikatakan rawan,” tuturnya.
Untuk melatih kesiapan personil supaya nantinya saat pelaksanaan Pilgub Jatim, hari ini 800 personil yang terlibat pengamanan akan melakukan simulasi. Yakni bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dan pengamanan, ketika terjadi anarkis dari sekelompok massa salah satu Paslon.
“Kamis (8/2) hanya gladi saja. Simulasi pelatihan pengamanan ini, supaya anggota terlatih. Ketika terjadi sesuatu, maka anggota sudah tahu harus berbuat apa dan menghubungi siapa,” paparnya.(agp/jon)  

Berita Terkait

Berita Lainnya :