Curi Mobil di Asrama Koramil


 
MALANG – Sungguh ironis. Usianya masih belia, namun AF, 14 tahun sudah masuk dalam jaringan pelaku curanmor. Kamis (8/2) malam lalu, bocah asal Dusun Ngangrung, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman ini, diamankan petugas Polsek Singosari. Ia tertangkap tangan saat mencuri mobil Daihatsu Zebra L 1346 VE, milik anggota Koramil Singosari, yakni Serda Bambang Sudjatmiko, warga Jalan Anjasmoro, Desa Turirejo, Kecamatan Singosari.
Bahkan AF sempat menjadi amarah warga sekitar. Sementara tiga temannya yang diketahui berinisial HD, 25, warga Magelang, PS, 18, warga Kecamatan Sumberpucung dan PJ, 16, warga Magelang, berhasil melarikan diri. Ketiganya kini masih diburu oleh petugas.
“Tersangka AF ini mengaku tinggal di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Kecamatan Singosari. Termasuk juga dengan tiga temannya yang kabur,” ujar Kanitreskrim Polsek  Singosari, Iptu Supriono.
Aksi pencurian terjadi sekitar pukul 22.30. TKP pencuriannya di Asrama Koramil Jalan Simpang Wijaya, Kecamatan Singosari. Mobil Daihatsu Zebra warna abu-abu milik korban tersebut, saat kejadian sedang di parkir di teras depan rumah.
Tersangka AF serta tiga temannya yang mengaku sudah merencanakan pencurian, datang dengan jalan kaki. Mereka lantas menuju ke mobil milik korban. Tiga temannya yang kabur bertugas berjaga-jaga, sedangkan AF bertindak sebagai eksekutor.
Dengan menggunakan kunci palsu, AF merusak rumah kontak mobil. Selanjutnya berusaha menghidupkan mesin mobil. Saat berusaha menghidupkan mesin itulah, Safiah Wardah Kamila, istri korban Serda Bambang Sudjatmiko mendengar. Saksi lantas meneriaki maling.
Warga sekitar termasuk petugas piket Koramil Singosari yang mendengar langsung berdatangan. Tiga pelaku yang berjaga memilih kabur. Sementara tersangka AF yang berada di dalam mobil, tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya pasrah ketika ditangkap dan digelandang ke Koramil Singosari, sebelum akhirnya diserahkan ke Polsek Singosari.
“Untuk pelaku yang kabur masih kami buru. Sementara untuk tersangka AF, karena usianya masih di bawah umur, akan kami limpahkan ke Polres Malang,” jelas mantan KBO Reskrim Polres Malang.
Sementara dalam pemeriksaan, FA mengaku kalau dirinya diajak oleh tiga temannya. Sedianya mobil tersebut akan dijual oleh mereka.
“Baru sekali ini mencuri, karena diajak. Yang menggambar lokasi HD,” kata tersangka AF.(agp/jon) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :