Mendatangi Warga Kampung

 
KEAMANAN dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjadi hal penting bagi Kapolsek Pagelaran, AKP Sumaryono. Karenanya untuk menjaga Kamtibmas wilayah Kecamatan Pagelaran supaya tetap terjaga, bersama dengan anggotanya ia all out dalam meningkatkan keamanan.
Salah satunya, dengan rutin menggelar patroli malam hari. Kegiatan patroli ini, menurut Sumaryono, tidak hanya sekadar keliling dari desa ke desa. Atau ke tempat-tempat rawan tindak kejahatan.
Tetapi juga dengan mendatangi warga di kampung-kampung. “Kami datangi Pos Kamling, atau warga yang masih terjaga pada malam hari. Kami sampaikan pesan Kamtibmas. Termasuk mengingatkan untuk mengunci rumah dan mematikan kompor sebelum ditinggal tidur,” terang Sumaryono.
Kegiatan tersebut, dilakukan selain untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sekaligus untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Terutama kasus 3C yakni curat, curas dan curanmor. 
“Jangan sampai wilayah Kecamatan Pagelaran, sampai diobok-obok pelaku kejahatan. Karena itu bersama-sama dengan masyarakat, kami terus meningkatkan Kamtibmas dengan mengaktifkan ronda dan patroli malam,” ujarnya.
Selain itu, untuk menjaga hubungan baik dan pendekatan dengan masyarakat, melalui peran Bhabinkamtibmas diminta untuk terus menjaga silaturrahmi dengan masyarakat. Termasuk terus menjalin kerjasama dengan tiga pilar. Sekaligus melakukan Jumat keliling, untuk menjaga hubungan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama ataupun tokoh pemuda.
“Kami tekankan untuk bersinergi dan bersama-sama meningkatkan Kamtibmas. Ketika kerjasama tiga pilar berjalan dengan baik, maka segala permasalahan di desa bisa cepat diselesaikan dengan baik,” tuturnya.
Sedangkan untuk pelayanan, Sumaryono mengatakan telah melanjutkan program Kapolres Malang tentang 77 unggul. “Dimana masyarakat harus bisa terlayani dengan baik. Termasuk Kamtibmas harus terjaga, sehingga masyarakat terjamin keamanannya dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari,” paparnya.(agp/jon) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :