Korsleting Tiang Listrik, Rumah Kosong Hangus

 
MALANG – Musibah kebakaran kembali melibatkan korsleting arus listrik. Kali ini, rumah M Yusuf, 60 tahun Jalan Cakalang 1 nomor 130 B RT 01 RW 02 Polowijen Blimbing, dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi Minggu malam lalu, sekitar pukul 20.00 WIB. Api membakar ruang kamar tidur serta menyebabkan pemadaman listrik di Jalan Cakalang 1.
Dari informasi yang dikumpulkan, kejadian kebakaran ini disaksikan oleh Husein, warga Jalan Cakalang, tetangga dari rumah yang terbakar. Sekitar pukul 20.00 WIB, Husein melihat tiang listrik di dekat rumahnya memercikkan listrik yang berubah menjadi api. Percikan ini merambat ke kabel PLN, lalu merambat hingga ke rumahnya.
Tak hanya itu, api ikut merembet ke kediaman Yusuf. Dari sinilah, kepulan asap membumbung dari lantai dua rumah tersebut. Husein lalu memanggil Yossi, putra dari Yusuf bahwa rumahnya memunculkan asap tebal. Sementara, warga yang lain langsung bahu membahu mencari air dengan alat pengangkut seadanya.
“Warga berinisiatif dan sigap bahu membahu gotong royong memadamkan api yang diduga berasal dari kabel yang terbakar. Api dipadamkan dengan cepat sehingga tidak merembet ke bangunan lain,” kata kepala UPT Damkar Satpol PP Kota Malang, Jose Bello dikonfirmasi Malang Post siang kemarin.
Dalam proses pemadaman, warga cukup kesulitan mencari jalan untuk masuk ke dalam rumah agar memudahkan proses penyiraman. Sehingga, warga membuka paksa kusen jendela rumah Yusuf sebelum naik ke lantai dua dan langsung menyiramkan air. Setelah padam dan petugas tiba di lokasi, pemilik rumah yang datang lagnsung menginventarisir barang yang rusak.
Selain lampu satu kampung yang padam karena korsleting, kamar lantai dua bekas kebakaran tidak dapat digunakan untuk tidur. Satu set alat tidur seperti kasur, bantal dan guling terkena kobaran api. Meja kaca rias, rak buku, rak baju, wallpaper ruangan, televisi 14 inchi, satu laptop, kusen jendela dan satu buah kipas angin, amblas disantap api. 
“Korban mengklaim estimasi kerugian mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Dari tim BPBD mengamankan lokasi, berkoordinasi dengan Polsek Blimbing serta memberi imbauan kepada warga, agar segera melapor bila mengalami musibah seperti kebakaran,” tutup Kepala BPBD Kota Malang, J Hartono.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :