Tak Lewatkan Jam Salat


 
PARA mantan kolega Agus Samad, satu per satu berdatangan ke rumah duka di perumahan Bukit Dieng MB 9, Kelurahan Pisang Candi, Sukun Sabtu (24/2) siang. Mereka adalah para perwira tinggi polisi yang telah purna tugas. Seperti Irjen Pol (purn) Supriadi yang pernah bertugas di Mabes Polri.
“Beliau orang yang baik. Saya ketemu dengan beliau saat acara paguyuban purnawirawan,” ungkapnya kepada wartawan.  Menurut Supriadi, sosok Agus merupakan polisi senior yang kali terakhir menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara sebelum akhirnya pensiun di tahun 2000-an. Saat Agus menduduki posisi Wakapolda, kebijakan kepolisian masih memperbolehkan perwira menengah untuk menjadi Pejabat Utama (PJU).
Namun, setelah Agus meninggalkan pos Wakapolda, Polri mengubah kebijakannya tentang posisi orang nomor satu dan nomor dua di jajaran Polda seluruh nusantara.
“Diwajibkan perwira berpangkat minimal bintang untuk menduduki posisi Kapolda dan Wakapolda. Pak Agus sudah tidak menjabat lagi,” terang Supriadi.
Menurutnya, pria yang sudah menjadi seniornya sejak di Akabri polisi tahun 1970 itu, tidak pernah melewatkan jam ibadah salat.
Agus pun dikatakan selalu rutin mengikuti ibadah salat jumat. Supriadi bahkan menyebut Agus sering bersalat bersama mantan Deputi Sumda Mabes Polri, Irjen Pol (purn) Winarto Adi, yang juga masih tetangganya. Kemarin, Winarto juga mendatangi lokasi penemuan mayat, bersama istrinya.
“Saya dengar suara gaduh ramai-ramai saat sedang berada di rumah. Saya datangi, saya pikir ada orang berkelahi, ternyata ada kejadian. Biasanya pak Agus selalu salat bersama. Kamis lalu, pak Winarto pun sempat salat bersama dengan pak Agus,” sambung Supriadi. Sementara itu, Winarto juga mengaku kehilangan sosok Agus. 
Biasanya, mereka selalu berbincang dan bahkan bertemu. Agus, serta para purnawirawan polisi di kawasan ini, sering gayeng di pos pengamanan, untuk sekadar ngobrol dan menyambung tali silaturahmi.
“Saya berharap keluarga yang ditinggalkan, diberi ketabahan. Dan polisi juga bisa mengungkap kasus ini,” terangnya. (fin/mar)

Berita Lainnya :

loading...