Pamit Mandi, Tewas Tenggelam

 
MALANG – Warga Jalan Pahlawan, Desa/Kecamatan Bululawang, geger dengan hilangnya Yuli Siswanto, 34, warga sekitar, kemarin siang. Pemuda yang mengalami cacat fisik pada tangan dan kaki kanan ini, berpamitan pergi mandi di sungai namun tak kunjung kembali. Setelah dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan sudah tewas tenggelam di Sungai Talang, tak jauh dari rumahnya.
Usai dievekuasi, jenazah korban langsung dibawa pulang ke rumah duka. Pihak keluarga menolak dilakukan otopsi. 
“Korban hanya kami mintakan visum luar. Pihak keluarga keberatan untuk otopsi dengan membuat surat pernyataan,” ujar Kanitreskrim Polsek Bululawang, Iptu Ronny Marghas.
Pagi sekitar pukul 06.00, korban berpamitan kepada Wasenah, ibunya untuk pergi mandi di Sungai Talang. Kebiasaan mandi di sungai, sudah menjadi rutinitas korban setiap harinya. Jarak antara rumahnya dengan lokasi sungai, sekitar 400 meter.
Yuli berangkat dengan mengendarai sepeda ontel. Setiba di lokasi, ia memarkir sepedanya di pinggir pos jaga makam umum. 
“Ketika dia (korban, red) datang, sama sekali tidak ada yang tahu. Tetapi kebiasaannya memang setiap mandi selalu di sungai,” tutur Ansori alias Kacong, yang dibenarkan Supani, juru kunci makam ketika ditemui di lokasi kejadian.
Setelah memarkir sepeda ontelnya, kemungkinan korban berjalan ke selatan. Sedianya ia akan buang hajat terlebih dahulu, sebelum mandi. Ketika hendak buang hajat inilah, dugaannya penyakit epilepsy yang diderita oleh korban kambuh.
Lantaran tidak ada yang mengetahui, dia langsung jatuh ke sungai, tenggelam dan terbawa arus.
“Selama ini dia memang memiliki riwayat sakit epilepsy,” sambung Ansori, yang dipertegas oleh Ronny Marghas.
Sampai pukul 11.30, ibunya mulai cemas. Pasalnya korban tidak kunjung pulang. Biasanya usai mandi, korban langsung pulang. Karena curiga, Wasenah lantas memberitahu tetangganya dan meminta untuk mencarikan korban.
Warga kemudian mengecek ke sungai. Saat itulah warga hanya menemukan sepeda ontel korban di pos jaga. 
Sementara sepasang sandal milik korban, berada sekitar 100 meter di pinggir sungai. Curiga bahwa korban tenggelam, warga lalu melaporkan ke perangkat desa dan Polsek Bululawang. Untuk melakukan pencarian, akhirnya anggota SAR mulai dari Rescue, PMI dan BPBD Kabupaten Malang didatangkan.
Anggota SAR menyisir sungai mulai dari lokasi di temukan sepeda milik korban. Alhasil, jarak sekitar 350 meter, tubuh korban berhasil ditemukan di dasar sungai dalam kondisi tak bernyawa.(agp/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :