Mekanik Mesin Curi Bearing di Pabrik

 
MALANG – Pagar makan tanaman. Ungkapan itu setidaknya pas untuk Nur Hasim, 46 tahun, warga asal Dusun Gatak, Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang, Tulungagung, yang indekos di Desa Sumberpasir, Pakis. Sudah dipercaya sebagai mekanik perusahaan, justru malah dimanfaatkan untuk melakukan pencurian.
Ia mencuri bearing mesin di tempatnya bekerja, yakni PT Sicha Jaya Sentosa, Jalan Raya Sumberpasir, Pakis. Aksi pencurian dilakukan Nur Hasim sejak tahun 2012 lalu. Ia mencurinya setiap kali mau pulang bekerja.
“Dari pengakuan tersangka, dia mencuri bearing itu sejak tahun 2012. Seminggu bisa tiga sampai empat kali mencuri. Jadi sudah tak terhitung berapa kali dia melakukan pencurian di tempat kerjanya sendiri,” jelas Kanitreskrim Polsek Pakis, Aiptu Teguh Dermawan.
PT Sicha Jaya Sentosa ini, adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bahan bangunan berupa Calcium Silicate Board. Tersangka bekerja di perusahaan tersebut, sudah sangat lama. Nur Hasim dipercaya sebagai mekanik mesin pengolahan bahan bangunan.
Namun kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan, justru disia-siakan oleh Nur Hasim. Setiap kali pulang kerja, ia mengambil bearing. Kemudian dikumpulkan di tempat kosnya. Setelah terkumpul oleh tersangka oleh tersangka dibawa ke Surabaya, untuk dijual di Pasar Loak.
“Uang hasil penjualan barang curian tersebut, diakui habis untuk biaya kos dan mencukupi kebutuhan keluarga,” ungkapnya.
Terungkapnya aksi pencurian tersebut, bermula dari kecurigaan pihak perusahaan karena bearing mesin sering hilang. Kemudian pihak perusahaan meminta klarifikasi pada tersangka, namun tidak diakui. Akhirnya perusahaan yang tidak mau merugi, melaporkannya ke Polsek Pakis.
Berdasarkan laporan itulah, polisi lantas melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan beberapa saksi. Dari keterangan saksi inilah, akhirnya mengerucut pada tersangka. 
“Dia kami tangkap di pintu keluar perusahaan ketika mau pulang,” tandasnya.(agp)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...