Pamit Merantau Tak Kembali

 
Amel, 47 tahun warga Kecamatan Kedungkandang, yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, sudah bosan menanti kepulangan dari Ronald, 46 tahun. Pria yang kini sudah menjadi mantan suaminya itu, meninggalkannya dengan alasan mencari kerja, tapi ternyata menghilang serta tak pernah pulang ke rumah selama 11 tahun.
Amel tak pernah merasa curiga dengan sosok Ronald yang kesehariannya adalah kuli bangunan. Pada awal masa pernikahan, yaitu Mei 1995, Ronald juga menjadi seorang suami yang diidam-idamkannya. Kendati hidup dalam kesederhanaan, Amel merasakan kebahagiaan. Bahkan, Amel tetap merasakan romansa rumah tangga indah, walaupun harus menumpang di rumah orangtua.
Sukacita rumah tangga ini, dilengkapi dengan kelahiran seorang anak. Selama 11 tahun sejak pernikahan diresmikan, Amel dan Ronald bahu membahu membangun rumah tangga. Tak ada KDRT, tak ada pula wanita idaman lain. Amel merasa puas, bisa hidup bersama pria yang dicintainya di antara tekanan ekonomi yang melanda.
Sayangnya, Ronald tidak memiliki sentimen yang sama dengan Amel. Ronald merasa keuangan keluarganya membutuhkan sokongan lain. Pada tahun 2006, Ronald berpamitan kepada Amel untuk merantau ke daerah lain demi mencari pekerjaan yang lebih baik. Meski berat hati, Amel tetap melepas kepergian Ronald.
Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun, Ronald tidak pernah mengirim pesan. Amel yang tak mau pernikahannya amblas begitu saja, berupaya mencari keberadaan suaminya. Tapi, hingga tahun 2017, Amel tidak pernah menerima sepucuk surat ataupun SMS.
Dengan hati masam dan harus rela menelan pil pahit, Amel akhirnya mengajukan talak satu ke Pengadilan Agama Malang. Gugatannya diterima oleh hakim ketua majelis Dra Hj Ummi Kalsum HS Lestaluhu MH. Permintaan Amel untuk menerima talak satu bain sughro dari Ronald pun, dikabulkan oleh hakim.
“Mengabulkan gugatan penggugat dengan verstek, dan menjatuhkan talak satu ba’in sughro tergugat terhadap penggugat,” tutur hakim PA Malang. (fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :