Habis Sudah Kesabaran

 
SABAR ada batasnya. Ketika kesabaran sudah habis, apapun bisa dilakukan. Halnya dengan Amel, ibu muda satu anak asal Kecamatan Turen ini. Karena sudah tidak tahan dengan sikap Ronald, suaminya, ia memilih untuk mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Kepanjen.
“Gugatan cerai sudah saya masukkan seminggu lalu. Sekarang ini masih menunggu jadwal sidangnya saja,” kata Amel.
Usia pernikahan Amel dan Ronald masih belum ada 10 tahun. Mereka sebelumnya menikah karena didasari rasa cinta dan sayang. Amel dan Ronald pacaran lebih dulu selama sekitar tiga tahun.
Selama pacaran, Ronald menunjukkan sikap penyayang. Ia selalu menjaga perasaan Amel. Ronald tak sedikitpun ingin menyakiti perasaan Amel. Setiap kali ada persoalan, Ronald selalu mengalah.
Sikap lembut dan baik hati itu, ditunjukkan oleh Ronald sampai menikah. Bahkan, sampai tujuh tahun usia pernikahannya, Ronald tidak pernah berbuat kasar. Kalaupun dia marah hanya membentak saja.
Namun keramahan dan kelembutan Ronald, tiba-tiba berubah menjadi temperamental. Ronald jadi sering marah. Bahkan, dia sudah berani melayangkan tamparan ke wajah Amel, ketika sedang cek-cok mulut.
Perubahan sikap itu, setelah Ronald ada masalah dengan pekerjaannya. Amel yang memahami, berusaha untuk mengalah dan selalu bersabar. Ia hanya berharap dan berdoa semoga Ronald, bisa berubah dan kembali seperti sebelumnya.
Tetapi, kesabaran Amel terus diuji. Ronald bukannya sadar, malah semakin menjadi. Amel sudah seringkali mengingatkan, tetapi malah dibalas amarah oleh Ronald. Bahkan yang membuat Amel sakit hati, Ronald menantang untuk bercerai. 
Mungkin karena merasa sudah tidak kuat dan sudah ditalak itulah, akhirnya Amel mengajukan gugatan cerai.“Semua orang pasti ada batas kesabarannya. Siapa yang terus-terusan mau bertengkar dan ditampar,” ujarnya.(agp/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...