Menikah Dua Tahun, Suami Minggat

 
“Kasihku, sampai di sini kisah kita, jangan tangisi keadaannya, bukan karena kita berbeda. Dengarkan, dengarkan lagu, lagu ini, melodi rintihan hati ini, kisah kita berakhir di Januari.” 
Petikan reff dari lirik lagu Januari yang dipopulerkan penyanyi Glen Fredly, bisa membuat air mata dari Amel, 22 tahun meleleh. Wanita yang juga warga Kelurahan Cemorokandang itu, ditinggal minggat oleh Ronald, 28 tahun warga Kedungkandang, tepat di bulan Januari 2016. Alasannya pun tidak jelas. 
Amel yang merasa hancur hati, menggugat cerai suami yang tak pernah pulang selama dua tahun itu. Berkas cerai itu, didaftarkan ke Pengadilan Agama Malang. Amel, yang kesehariannya bekerja sebagai penjaga toko, menikah dengan Ronald pada 30 Maret 2015 di hadapan penghulu Kantor Urusan Agama Kedungkandang.
Pernikahan mereka, ternyata tidak bahagia karena belum dikaruniai keturunan. Belum lagi, adu mulut antara Amel dan Ronald tak terelakkan.
Tentu saja, urusan ekonomi kembali menjadi topik hangat pertengkaran semua rumah tangga. Amel dalam berkas perceraiannya, menyebut Ronald yang bekerja sebagai sopir, tidak pernah memberikan nafkah. Sehingga, Amel terpaksa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi, harga bahan pokok di Kota Malang terhitung tinggi bila dibandingkan dengan Kabupaten Malang.
Tidak mengherankan pula, Amel sering adu mulut dengan Ronald soal uang. Hanya saja, Amel dibikin terkaget-kaget karena sejak bulan Januari 2016, Ronald hilang tanpa jejak. Ronald tak meninggalkan surat, SMS ataupun pemberitahuan apapun. Seakan-akan, Ronald tidak pernah menikahi Amel, sehingga dengan gampang pergi begitu saja.
Akhirnya, setelah kurang lebih satu setengah tahun hidup sendiri di rumahnya, Amel meminta cerai ke PA Malang. Hakim ketua majelis Dra Hj Laila Nurhayati MH, mengabulkan gugatan cerai Amel.
“Menjatuhkan talak satu bain sughro tergugat kepada penggugat. Mengabulkan gugatan penggugat secara verstek,” papar hakim.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :