Bobol Aki, Kabur, Baru Tertangkap

 
MALANG - Pelarian Sapi'i, 45, dari kejaran polisi berakhir, Jumat (16/3) lalu. Warga Jalan Gajah Mada Kepuh, Desa Sukopuro, Jabung yang menetap di Dusun Ngrangin, Desa Sumberpasir, Pakis ini, akhirnya berhasil dibekuk petugas Unit Reskrim Polsek Pakis.
Hampir dua tahun ia menjadi buronan. Ia terlibat kasus pencurian di CV. Sinar Harapan Desa Sumberpasir, Pakis. Tersangka ditangkap di rumahnya, setelah petugas mendapat informasi kepulangannya.  Dengan tertangkapnya Sapi'i ini, maka dua pelaku pencurian tertangkap semua. Sebelumnya, Darto, temannya sudah menjalani hukuman sejak 2016 lalu.  
"Selama ini tersangka mengaku kabur ke Bali dan Lombok. Dia pulang karena kangen keluarganya," ujar Kanitreskrim Polsek Pakis, Aiptu Teguh Darmawan. 
Diperoleh keterangan, aksi pencurian terjadi pada bulan Mei 2016 lalu. Tersangka bekerja di CV. Sinar Harapan tersebut sebagai kenek truk. Kemudian ia bekerjasama dengan Darto, melakukan pencurian di tempatnya bekerja. Sasarannya adalah aki truk milik perusahaan. 
Selama 2016 sampai bulan Mei, tersangka mencuri lebih dari 12 kali. Pencurian dilakukan secara bertahap, ketika hendak pulang. Barang hasil curian, kemudian oleh tersangka Sapi'i dan temannya Darto, dijual kepada seseorang. 
Uang hasil penjualan dibagi berdua dan habis untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Terungkapnya kasus pencurian ini, bermula dari pihak perusahaan yang mendapat laporan kalau banyak aki truk yang hilang. 
Kasus ini lalu dilaporkan ke Polsek Pakis. Polisi lantas menyelidiki. Sapi'i dan Darto. Selanjutnya polisi bergerak menangkap Darto. Sedangkan Sapi'i yang mengetahui kalau temannya dibekuk, memilih untuk kabur. Baru Jumat lalu, ketika pulang ke rumahnya Sapi'i berhasil diamankan. 
“Saya diajak oleh Darto. Uang hasil penjualan aki, kami bagi berdua dan habis untuk kebutuhan hidup,” tutur tersangka Sapi'i. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :