Truk Angkut Motor Terjun Bebas ke Sawah


MALANG - Kecelakaan terjadi di jalan alternatif Ngantang - Wlingi. Truk pengangkut motor menabrak sebuah truk yang mogok, lalu terjun bebas ke dalam jurang sedalam 10 meter di tikungan Talang Air, Dusun Genting, Desa Pagersari, Ngantang, Senin (19/3) pukul 23.00.
Tak ayal 31 motor jenis Honda berbagai jenis yang diangkutnya, terlempar ke areal persawahan. Sementara motor yang ditempatkan di bak lantai bawah terjepit. Butuh waktu berjam-jam untuk mengeluarkan satu persatu motor jenis terbaru tersebut.
Pasalnya pintu belakang yang berfungsi sekaligus sebagai tangga hidrolik tidak bisa digerakkan. Sementara pengemudi truk, Danang Suprapto, 39, warga Desa/Kecamatan Kromengan berhasil selamat meski masih berada di dalam kabin saat truk masuk jurang.
Kanit Laka Satlantas Polres Batu, Ipda Anton Hendri Soebagyo menerangkan, kecelakaan ini melibatkan truk pengangkut motor, B 9373 EW yang dikemudikan Danang, dan sebuah truk AG 9382 UP bermuatan pupuk yang dikemudikan Puji Heriyono, 37, warga Klampok, Blitar.
Saat peristiwa terjadi kondisi jalan alternatif ini sepi. Truk pengangkut motor berjalan dari arah Jombang menuju ke Wlingi, Blitar. Motor ini diambil dari RJTM Jombang hendak dikirim ke Dealer Marga Kartika Blitar.
Sampai ditikungan air Dusun Genting, Danang melihat ada truk mogok tepat di tikungan yang menurun tajam tersebut. Truk ini mogok karena as roda belakang patah. Melihat itu, Danang menghentikan truknya. Ia menarik handrem dan turun dari truk untuk melihat kondisi medan.
 “Saat itu mesin masih dalam keadaan hidup, handrem terpasang. Tidak disangka saat memeriksa kondisi jalan, ternyata truknya berjalan sendiri, “ ujar Puji. Kondisi yang menurun dengan beban kendaraan yang cukup berat membuat truk ini berjalan sendiri.
Melihat itu Danang, sempat mencoba menahan laju truk dengan badannya. “Saya berteriak agar dia minggir. Saya khawatir dia terlindas, karena tidak mungkin mampu menahan beban truk, “ ujar Puji. Ia melihat Danang kemudian berlari masuk ke dalam kabin.
Ia berhasil dan mencoba menginjak rem, namun ternyata rem sudah tidak berfungsi.  Sehingga moncong truk pengangkut motor sebelah kanan menabrak moncong truk pengangkut pupuk yang mogok.
Tabrakan itu membuat truk pengangkut motor ini terlempar masuk ke dalam jurang. Suyanto, warga setempat mengatakan di tikungan ini sering terjadi kecelakaan, beberapa waktu lalu ada truk bermuatan semen yang juga mengalami kecelakaan di tempat yang sama. (dan/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...