Anggap Tak Bisa Beri Nafkah

 
Pernikahan antara Ronald 48 tahun dan Amel 49 tahun di hadapan penghulu pada tahun 2001 lalu, seperti hanya mimpi yang melintas begitu saja. Karena, setelah dua windu menikah dan memiliki momongan, Amel dengan mudahnya mengatakan kata cerai kepada Ronald.
Alasannya klasik, tapi memedihkan. Amel merasa nafkah yang diberikan oleh Ronald tidak lagi cukup. Sehingga, sikapnya berubah drastis. Ronald pun mengungkapkan isi hatinya kepada hakim Pengadilan Agama Malang dalam gugatan cerai yang didaftarkan pada bulan Januari 2018 lalu.
Ronald menikahi Amel pada September 2001 di hadapan Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedungkandang. Walaupun Amel lebih tua satu tahun, Ronald tak mempermasalahkannya. Pernikahan mereka pun berjalan harmonis. Bahkan, dua buah hati pun lahir dalam pernikahan mereka.
Ronald pun merasa nyaman menikmati rumah tangga bersama Amel. Namun demikian, hati manusia seperti luasnya semesta yang tak terukur. Sejak Oktober 2017, Amel mulai mengalami perubahan sikap. Amel mudah tersinggung saat berbicara dengan Ronald. Amel pun mulai kehilangan sentuhannya sebagai istri.
Dia tak lagi memperhatikan Ronald seperti dahulu. Ronald pun merasa, Amel lebih mementingkan dirinya sendiri, daripada rumah tangga dan anak-anak. Setelah pertengkaran hebat terjadi, Amel menyebut dengan kata kasar bahwa Ronald hanya pegawai rendahan yang tak bisa memberikan nafkah tambahan bagi keluarga ini.
Amel pun meminta cerai kepada Ronald. Karena pertengkaran hebat ini pula, Amel akhirnya pulang ke rumah orangtuanya, tak lagi hidup bersama Ronald. Sejak itu, Ronald pun memutuskan tak lagi berkomunikasi dengan Amel.Pernikahan yang berjalan manis selama 16 tahun, gugur begitu saja hanya karena nafkah. Hakim ketua majelis PA Malang, Drs Lukman Hadi SH MH, mengabulkan keinginan Ronald untuk menjatuhkan talak satu kepada Amel. 
“Memberi izin kepada pemohon untuk menjatuhkan talak satu raj’i terhadap pemohon di depan sidang Pengadilan Agama Malang,” tutup Lukman dalam putusannya.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :