Tertangkap Angkut Kayu Jati Curian


 
MALANG - Unit Reskrim Polsek Kalipare, Minggu (1/4) pagi mengamankan seorang pencuri kayu jati. Yakni Siswanto, 39, warga Dusun Darungan, Desa kalirejo, Kalipare. Pria ini dibekuk petugas ketika sedang mengangkut kayu hasil curian.
Sebagai barang buktinya, petugas mengamankan satu unit sepeda motor Honda Supra, N 6337 EV yang digunakan mengangkut kayu. Sebuah kapak untuk memotong kayu, serta lima batang kayu jati dengan panjang sekitar dua meter.
“Tersangka masih kami mintai keterangan. Kami juga masih akan mengembangkan kasusnya, siapa tahu ada pelaku lainnya,” ungkap Kanitreskrim Polsek Kalipare, Aiptu Purnomo.
Ia mengatakan, selama ini petugas sering mendapat laporan.
“Banyak laporan pencurian kayu jati di kawasan hutan Perum Perhutani Petak 61.B Desa Kalirejo, Kalipare. Menindaklanjuti laporan tersebut, kami dan petugas dari Perum Perhutani, melakukan patroli,” terangnya.
Ketika sedang patroli itulah, petugas melihat Siswanto sedang mengangkut kayu. Potongan kayu jati ukuran dua meter itu, oleh tersangka diangkut dengan dinaikkan motor.  Yakin bahwa kayu yang diangkut adalah curian, petugas menghentikan motornya. 
Ketika dihentikan, Siswanto sempat gemeteran. Termasuk ketika ditanya izin kepemilikan kayu, juga tidak bisa menjelaskan. Siswanto pun yang tidak bisa berkilah, akhirnya mengakui kalau dirinya memang mengambil kayu dari hutan. 
Dari situlah, akhirnya bersama dengan barang buktinya petugas langsung menggelandangnya ke Mapolsek Kalipare.
“Ia mengaku baru sekali mencuri. Katanya juga belum tahu mau dibuat apa kayu curian tersebut,” tutup Purnomo. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :