Bawa Sabu, Dua Penumpang Pesawat Diamankan


SIDOARJO - Dua penumpang pesawat yang turun di Bandara Juanda diamankan. Dua penumpang yang membawa narkoba itu yakni Warga Negara Asing (WNA) asal Vietnam bernama Nguyen Thi Thanh He (25).
Nguyen Thi Thanh He naik pesawat Jetstar, dengan nomor penerbangan 3K.249 dengan rute Singapura ke Surabaya. Dia terbukti membawa sabu seberat 1,175 Kg yang disembunyikan di alas koper pakaian, 19 Maret 2018.
Penumpang lain yang membawa narkoba 1,240 Kg, yang disembunyikan di dinding kardus pakaian yakni Novita Habibah (29) warga Pamekasan, Madura. Novita menumpang nomor penerbangan XT-321 dengan rute Kuala Lumpur ke Surabaya.
Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda Budi Harjanto membenarkan pihaknya menggagalkan peredaran narkoba jenis methamphetamine atau sabu melalui Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.
"Petuga mencurigai seorang penumpang perempuan WNA asal Vietnam, dengan barang bawaannya ke ruang pemeriksaan, setelah dilakukan pemeriksaan terdapat barang kristal putih yang disimpan di alas koper pakaian," kata Budi kepada wartawan di kantornya, Selasa (3/4) kemarin.
Budi menambahkan, dari hasil pemeriksaan tersangka ini mendapatkan barang haram tersebut dari salah satu temanya yang ditemui di Bangkok, Thailand.
"Sementara untuk tersangka lain yang kedapatan membawa satu 1,240 kilogram ini disembunyikan di rongga dinding kardus tempat pakaian. Menurut pengakuan tersangka itu barang titipan dari temannya di Malaysia dan dijanjikan imbalan uang," tambah Budi.
Dengan penemuan sabu total 2,415 kilogram ini, berarti 12.705 jiwa berhasil diselamatkan. Dengan perhitungan 1 gram sabu dikomsumsi oleh lima orang.
"Tersangka akan dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara," jelasnya. (dtc/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...