Tangkap Pencuri Laptop Polinema


MALANG - Tim khusus Hunter Malang Kota (Makota) bergerak cepat menangkap pelaku pencurian di dalam kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema). Pelaku adalah Yuda Eka Gunawan, 36, warga Jalan Zaenal Zakse RT06 RW05 Malang.
Yuda ditangkap langsung setelah laporan dari korban Mochammad Wahyu Adi, 22, mahasiswa Polinema diterima Polres Makota. Kasatreskrim Polres Makota, AKP Ambuka Yudha Hardi Putra mengatakan penangkapan pelaku dilakukan di kediamannya.
“Berdasarkan laporan itu, kita langsung melakukan penyelidikan, dan akhirnya mendapatkan identitas pelaku, penangkapan pun langsung dilakukan setelah laporan kami dalami, 30 Maret 2018,” kata Ambuka kepada wartawan di Polres Makota, kemarin.
Dari penangkapan, Hunter Makota juga menggeledah rumah pelaku. Hasilnya, polisi menemukan satu laptop Asus hitam, satu laptop Asus putih, satu laptop Axioo hitam, satu laptop Acer hitam, satu hape Asus warna hitam putih, serta lima tas laptop, merek Jansport, Prosport, Anello, Est dan Oxigen.
Setelah penyidikan sementara, Ambuka menyebut modus operandi pelaku adalah mengambil laptop dan handphone di dalam kampus dan di atas sepeda motor. “Pelaku berkeliling kampus dan parkiran, untuk mencari mangsa. Saat lengah, pelaku menggondol laptop milik korban,” papar Ambuka.
Sementara ini, pelaku mengaku hanya mencuri di kawasan Polinema, yakni di dalam kampus dan di parkiran. Hanya saja, polisi tidak bisa percaya begitu saja terhadap keterangan pelaku. Penyidikan lanjutan terus didalami untuk pengembangan keterangan dari pelaku yang kesehariannya adalah wiraswasta ini.
“Laptop dan handphone yang dicuri, masih belum sempat dijual. Tersangka mengaku melakukan aksinya di dua TKP, dalam kampus dan di atas sepeda motor. Terkait ke mana dia akan menjual, dan TKP selain Polinema, masih kita dalami dan kembangkan dari keterangan tersangka,” tambah Ambuka.
Yuda terancam pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun. Kasus ini terungkap berkat laporan korban Mochamad Wahyu Adi yang juga mahasiswa Polinema. Dua laptop miliknya hilang di dalam kelas, ketika pemuda asal Perum Grigra Husada Sumber Porong Lawang itu berada di dalam kampus.
Korban sedang berada di kampus Politeknik Negeri Malang pada pukul 15.30 WIB, 29 Maret lalu. Dia sedang menunggu jam kuliah. Karena dosen belum datang, dia menaruh tas berisi laptop di samping tempat duduknya. Dua buah laptop tersebut adalah Axioo hitam Neon HNM serta Asus hitam yang dicuri oleh Yuda. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :