Satu Pencuri Ditangkap, Satu Kabur

 
MALANG - Unit Reskrim Polsek Gondanglegi, menangkap satu dari dua pelaku pencurian, Selasa lalu. Tersangkanya Riyan Adi Putra (RAP), 16 tahun, warga Dusun Sonokembang, Desa Sepanjang, Gondanglegi. Sedangkan seorang pelaku lagi, berinisial KRT, warga Desa Sumberejo, Gedangan, hingga kemarin masih buron. 
Sebagai barang bukti kejahatannya, polisi mengamankan sebuah gerinda listrik, sebuah pasrah listrik, sebuah accu motor dan sendok yang digunakan sebagai alat beraksi.
"Untuk temannya yang kabur, saat ini masih kami buru," ujar Kanitreskrim Polsek Gondanglegi, Ipda Heriyani. 
Diperoleh keterangan, aksi pencurian terjadi Senin (2/4) lalu sekitar pukul 18.30. Korbannya Joko Priono, 38, tetangganya sendiri. Tersangka Riyan dan temannya yang buron, berangkat mencuri dengan jalan kaki. 
Mereka berdua berangkat dari rumah Riyan. Aksi pencurian itu, sudah terencana setelah melihat rumah korban dalam kondisi kosong. Berbekal sebuah sendok, keduanya lantas menuju ke rumah korban. 
Kemudian dengan alat sendok tersebut, mencongkel pintu samping sebelah barat.  Setelah pintu terbuka, mereka lantas masuk dan mengambil beberapa barang tersebut. Begitu barang yang diincar dirasa cukup, keduanya lalu kabur lewat jalan semula. 
Untuk menghilangkan barang bukti, barang curian itu kemudian disembunyikan di perkarangan belakang tempat ibadah. Korban baru mengetahui kalau rumahnya kemalingan, ketika pulang. Selanjutnya korban melaporkan ke petugas Polsek Gondanglegi. 
Berdasarkan laporan itu, polisi lantas menyelidikinya. Petugas mencari beberapa keterangan saksi warga sekitar. Dari keterangan saksi itu, dicurigai bahwa pelakunya Riyan. 
"Warga dan korban mencurigai Riyan, karena pemuda pengangguran ini sering kali melakukan pencurian," jelas mantan Kanitreskrim Polsek Bantur ini.
Akhirnya petugas mendalami dugaan tersebut. Begitu sudah ada cukup bukti yang kuat, petugas langsung menangkapnya.
"Sedianya barang curian itu akan saya jual, dan uangnya dibagi rata untuk membeli rokok," tutur tersangka Riyan.(agp/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...