Api Hanguskan Rumah di Tirtoyudo

 
MALANG – Sebuah tempat tinggal di Desa Pujiharto RT 28 RW 06 Kecamatan Tirtoyudo dilalap si jago merah, Minggu malam lalu. Ketika peristiwa terjadi, penghuni rumah Jumadi, 40 tahun, sedang berpergian. Akibatnya, api menghempaskan bagian ruang tamu dan ruang tidur.
Dari keterangan yang dihimpun, api diperkirakan muncul kali pertama sekitar pukul 23.00 WIB Minggu malam lalu. Salah satu tetangga melihat asap keluar dari dalam rumah tersebut. Saat didekati, ternyata hawa panas menyeruak dari rumah. Saksi mata langsung memanggil warga sekitar, dan berteriak ada kebakaran.
Warga yang keluar rumah, langsung menggunakan air seadanya untuk memadamkan api. Kapolsek Tirtoyudo, AKP Suyoto membenarkan adanya kebakaran ini.
“Kejadiannya Minggu malam, api diduga berasal dari korsleting listrik dari ruang tamu rumah sebelum menjalar ke ruang tidur,” kata Suyoto kemarin.
Api berhasil padam dalam waktu cepat karena warga bekerjasama memadamkan api. Jumadi sedang berada di rumah sanak saudaranya ketika kebakaran terjadi. Dia baru tahu rumahnya dilalap api setelah menerima kabar dari tetangganya. Menurut Suyoto, api padam dalam waktu singkat.
“Meski demikian, kerugiannya adalah satu set kursi yang berada di ruang tamu, satu buah tempat tidur spring bed serta perabotan rumah. Kerugian materiil korban sekitar Rp 5 juta,” papar mantan Kapolsek Pakisaji ini. 
Kasi Badan PPBK Kabupaten Malang, Nurul Khusnaeni menyebut kejadian tersebut tidak dilaporkan kepada PMK maupun kepolisian.
“Warga memadamkan sendiri, tidak dilaporkan ke mako,” tambah Nurul. 
Dia menegaskan, warga masyarakat wajib melaporkan kejadian kebakaran yang terjadi di sekitarnya. Terutama, kebakaran yang berpotensi melalap korban jiwa, utamanya di perkampungan dan gedung bangunan.
“Kami harap warga tetap melaporkan kejadian kebakaran kepada pihak berwajib. Beruntung api di rumah warga ini cepat padam,” tutup Nurul. (fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :