Kerjasama Muat Barang, Malah Gelapkan Truk


MALANG - Joko, 25, warga Dusun Kjaran Timur, Desa Wonorejo, Lawang diamankan anggota Mapolsek Lawang. Dia dilaporkan menggelapkan truk Mitsubishi, L 9855 UM milik Sumarsono, warga Kebonsari, Jambangan, Surabaya.
“Berawal dari perjanjian antara pelaku dan korban. Pelaku diminta untuk mengelola truk itu sebagai alat mencari mata pencaharian serta menjalankan usaha. Awalnya, selama 13 hari truk tersebut selalu ada saat korban menceknya,” kata Kanitreskrim Polsek Lawang, Iptu Hadi Puspita.
Pada hari ke-14, kendaraan truk tersebut sudah tak berada di dalam penguasaan Joko lagi. Ketika pelapor korban menghubungi Joko, pelaku berdalih bahwa truk tersebut digunakan untuk memuat barang. Hanya saja, ini hanyalah dalih dari pelaku.
Karena selama kurang lebih delapan bulan, truk tersebut tidak jelas keberadaannya. Merasa menjadi korban penggelapan, korban pun melapor ke Polsek Lawang. “Kita tanggapi laporan ini dengan penyelidikan, dan akhirnya mampu melacak keberadaan truk,” jelas Hadi.
Setelah memastikan barang bukti telah diamankan, polisi langsung mendatangi dan menciduk Joko. Menurut Hadi, unsur penggelapan terjadi karena pelaku berjanji mengelola truk yang diserahi oleh pelapor korban.
Tapi, pelaku melanggar janji tersebut, dan menyerahkan truk kepada orang lain selama delapan bulan dan menolak memberitahukan keberadaan truk saat ditanyai korban. “Kendaraan ini kita sita dari orang lain, pelaku kita tangkap di rumahnya dan kita proses,” tegasnya. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...