Elpiji Langka, Curi Tabung Melon

 
MALANG – Akibat kelangkaan elpiji, Dwi Hariyanto 25 tahun Warga Turirejo, Kecamatan Lawang nekat mencuri satu buah tabung melon milik warga. Hariyanto pun dilaporkan polisi dan diciduk oleh Polsek Lawang. Bahkan pelaku sempat kejar-kejaran dengan warga dan polisi saat melarikan satu tabung elpiji tiga kilogram.
Dari keterangan yang dihimpun, peristiwa berawal dari keresahan masyarakat Dusun Pakutukan, Mulyoarjo yang resah terhadap banyaknya barang yang hilang. Pada saat yang sama, Hariyanto tampak sedang mondar-mandir di salah satu gang kawasan Dusun Pakutukan. Karena curiga terhadap gelagat pria gondrong itu, warga pun melapor kepada Bhabinkamtibmas setempat.
Bersama petugas polisi, warga melakukan pengawasan lingkungan. Salah satu warga Hariyono melaporkan bahwa tabung gas tiga kilogram miliknya hilang. Dengan adanya laporan ini, warga semakin waspada.Tak lama, salah satu warga, Mochamad Anwar seorang tukang batu, melihat Hariyanto membawa sebuah tabung gas elpiji dari bagian belakang rumah. Karena aksinya ketahuan, Hariyanto langsung melarikan diri. Warga dan polisi langsung melakukan pengejaran. Hariyanto tertangkap dan dibawa ke Mapolsek Lawang. 
“Dia mengambil elpiji milik warga dan tertangkap,” kata Kapolsek Lawang, Kompol Gaguk Sulistyo Budi kepada wartawan kemarin.
Dalam pengakuannya kepada penyidik Reskrim Polsek Lawang, pelaku memang sedang mencari celah di antara perkampungan. Dia memanfaatkan kelengahan warga untuk melancarkan aksinya. Hanya saja, aksinya kali ini digagalkan polisi dan masyarakat sehingga Hariyanto diamankan ke kantor polisi.
“Dia memanfaatkan kelengahan pemilik, ada kesempatan dia langsung curi barang ini, yaitu tabung elpiji. Dia mengaku sudah dua kali mencuri. Sebelumnya tidak tertangkap. Dia melancarkan aksinya dengan cukup mudah, karena kesehariannya adalah pengamen,” sambung Gaguk.
Pelaku dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (fin/jon)

Berita Lainnya :