Ada Dugaan Nge-Fly Hingga Tewas

Kenapa wajah Lukman Arifin ditutup plastik. Kenapa ada selang yang menyambung ke freon. Apa fungsi freon itu di sana. Semua pertanyaan itulah yang terlontar setelah melihat kondisi mahasiswa Sosiologi Universitas Brawijaya (UB) ini ditemukan di kosnya. Belum ada jawaban pasti dari polisi dan ahli, namun ada beberapa prediksi.
Salah satu dokter yang tidak ingin disebut namanya, menyebutkan dugaannya bahwa freon yang dipasangkan ke plastik pembungkus kepala, adalah cara baru untuk nge-fly. “Menurut saya, dengan kondisi kepala korban yang terbungkus plastik seperti itu, dia tidak sedang berusaha bunuh diri, tapi mencoba mencari sensasi nge-fly dengan menghirup gas selain oksigen. Mirip ngelem Aibon tapi pakai cara lain,” kata dokter dari salah satu rumah sakit prestisius di Kota Malang ini.
Dia menyebut, sensasi nge-fly dengan gas berbahan seperti nitrogen memberi efek seperti obat bius. Namun, dia menduga korban terlalu menikmati sensasi tersebut. Tak ada oksigen yang masuk ke aliran darahnya sehingga dia kebablasan sampai meninggal.

Sementara pakar kimia UB, Dr. Diah mardiana, MS mengatakan, freon adalah gas pendingin yang sering ditemui pada AC. Gas pendingin ini tidak berbau, sehingga tidak berefek ketika dihirup. Namun untuk pernafasan, zat ini memang berbahaya jika digunakan secara berlebihan. Bisa menyebabkan kematian.

 “Segala sesuatu kalau berlebihan memang tidak baik. Itu juga yang dialami oleh korban,” kata Diah.
Ketika ditanya, apakah penggunaan freon tak berlebih tidak akan berdampak, Diah hanya menjawab belum pernah ada penelitian seperti itu sebelumnya. “Kalau digunakan secara tidak berlebihan pada tubuh manusia, saya belum bisa menjawab. Sebab saya belum bisa membuktikan secara ilmiah dan belum pernah mencoba,” terangnya.
Diah menjelaskan cara kerja freon. Freon yang berwujud gas dimasukkan di tabung dan  dikompres secara kimia sehingga menghasilkan tekanan tinggi. Begitu dikeluarkan dengan tekanan tinggi, akan bocor. “LPG saja kalau bocor akan bikin pusing dengan cepat akan masuk ke tubuh. sebentar saja sudah kehabisam nafas,” tandasnya.(sin)

Berita Terkait

Berita Lainnya :