Kartu ATM Hilang, Saldo Dikuras


 
MALANG – Hati-hati dalam membawa kartu ATM. Jika sampai hilang, maka bisa saja peristiwa yang dialami oleh Wiwik, 56, warga Desa Wadanpuro, Bululawang terulang kepada orang lain. Kartu ATM miliknya yang hilang, ditemukan oleh pelaku kejahatan. Akibatnya, isi ATM dikuras hingga Rp 24 juta. 
Peristiwa ini terjadi pada 19 April 2018 lalu. Dari keterangan yang dihimpun, Wiwik kehilangan kartu ATM nya. Dia sudah mencari ke mana-mana tapi tak ketemu. Sehingga, pada pagi hari pukul 08.30 dia melakukan pengecekan saldo ke BRI Kawi Klojen. 
Saat mencetak rekening koran, Wiwik kaget melihat catatan transaksinya. Karena, ada pengambilan uang secara bertahap yang tak pernah dilakukan oleh korban. Saldo korban berkurang secara bertahap. Saat ditotal, jumlah kerugiannya mencapai Rp 24 juta. 
Wiwik pun tidak terima dengan peristiwa ini. Setelah membawa bukti cetak rekening koran dan bukti transaksi, Wiwik mendatangi kantor polisi. Dia mendatangi Polres Makota sekitar pukul 10.00 dan memasuki Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). 
Kepada petugas SPKT, Wiwik mengaku ada orang yang mencuri uang dari ATM miliknya. Laporan ini diterima oleh Polres Makota dan diteruskan kepada Satreskrim Polres Makota. Apabila menilik laporan korban, ada dugaan pelanggaran pasal 362 KUHP tentang pencurian. 
Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni menerangkan, laporan ini sudah ditampung oleh polisi. Setelah menerima laporan dari wiwik, polisi langsung melaksanakan tindak lanjut.
“Benar ada peristiwa itu. Kita lakukan penyelidikan untuk menindaklanjuti pengaduan dari korban,” kata Marhaeni. 
Dia mengatakan, masyarakat wajib waspada dan hati-hati saat membawa kartu ATM. Saat ini, kejahatan skimming sedang populer sehingga warga tak boleh sembrono ketika berada di ATM.
“Kejahatan skimming mengincar nasabah bank. Mereka mencuri kartu ATM dan nomor pin korban lewat kamera tersembunyi di papan ketik,” tutup Marhaeni, memberi imbauan kewaspadaan.(fin/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...