POM Mini Gedangan Terbakar Hebat


MALANG - Pagi kemarin, warga Dusun Sumbergesing Kulon RT03 RW06 Desa/Kecamatan Gedangan dibikin heboh kebakaran di kios bahan bakar eceran. POM mini milik Mujiarto, 51, terbakar hebat. Api melalap seluruh bahan bakar POM mini miliknya.
Dari data yang dihimpun, peristiwa ini berawal dari kegiatan Mujiarto yang sedang memindahkan bahan bakar Pertalite dari jurigen ke dalam tangki mesin pompa POM mini dengan sebuah selang. Saat memindahkan bahan bakar tersebut, tiba-tiba mesin pompa POM mini memercikkan api.
Diduga kuat, sambungan arus pendek membuat mesin POM mini tersebut mengalami korsleting. Sehingga, api muncul dari bagian mesin pompa itu. Mujiarto panik. Dia berupaya memadamkan api dengan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (Apar) yang ada di sekitar mesin pompa.
Kendati demikian, upayanya tak membuahkan hasil. Api sudah terlanjur menyambar bahan bakar pertalite. Sehingga, kobaran si jago merah kian membesar. Api juga menjalar ke seluruh bagian mesin pompa beserta perlengkapannya. Api tak bisa dijinakkan.
Mujiarto pun menyelamatkan diri, sembari berteriak meminta tolong kepada masyarakat sekitar. “Setelah menerima laporan, Polsek Gedangan langsung meluncur ke TKP. Polisi dan warga saling bahu membahu memadamkan api dengan air di sekitar lokasi,” kata Kapolsek Gedangan, AKP Nuryono.
Sebelum api meluas, Mujiarto juga sempat mengevakuasi beberapa peralatan pengisian, beserta BBM dalam jurigen. Sehingga, api tidak sampai menyebar luas. Selama kurang lebih satu jam, api berhasil dipadamkan oleh warga. Polisi yang datang ke lokasi, mencari keterangan dari para saksi serta korban.
Dari hasil pencarian keterangan, korban mengalami kerugian materiil, berupa kerusakan atap bangunan serta peralatan mesin pompa POM mini. Kerugian korban ditaksir mencapai Rp 25 juta. Sementara itu, terpisah, sebuah rumah di Desa Tamparsewu Bringin, Wajak juga dilalap si jago merah.
Data yang didapat, rumah yang kosong ditinggal pemiliknya pergi mengikuti pengajian itu, ludes disantap api, kemarin. Kebakaran hanya menyisakan kerangka rumah. Anggota Polsek Wajak yang datang masih melakukan penyelidikan. (fin/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :