Tipu Teman, Gondol Motor dan Uang


 
MALANG - Heri Kurniawan, 40, warga Jalan Wonorejo I, Tegalsari, Surabaya ditangkap Polsek Lawang. Pria asal kota pahlawan itu disangka melakukan tindak pidana penipuan dengan korbannya, M Faisol Amali, 34, warga Desa Kalirejo, Lawang. 
Heri menggelapkan sepeda motor dan uang milik korban. Kapolsek Lawang, Kompol Gaguk Sulistyo menerangkan, peristiwa tersebut terjadi pada 24 November 2017 lalu.
“Pelaku berpura-pura menjual sepeda motor milik temannya yang ada di Kota Mojokerto,” katanya.
Heri meminta uang sebesar Rp 8 juta sebagai uang panjar untuk membeli sepeda motor yang dijanjikan kepada korban. Karena percaya, korban menyerahkan uang Rp 8 juta tersebut. Tak hanya itu, Heri juga meminjam sepeda motor Yamaha Mio Z, N 6904 HE.
Dengan alasan ingin pergi ke Mojokerto untuk menyelesaikan pembayaran, Heri sukses menguasai motor milik korban. Tapi, setelah dua minggu ditunggu-tunggu, Heri ternyata tidak pulang ke Lawang dan menemui korban. Heri hilang entah ke mana. 
Korban berupaya menghubungi pelaku yang membawa pergi motor dan uangnya sebesar Rp 8 juta. Setelah dua minggu tak bisa dihubungi, korban akhirnya melaporkan peristiwa ini kepada Polsek Lawang pada 9 Desember 2017 lalu. 
Petugas Polsek Lawang lalu melakukan penyelidikan. Pelaku yang juga dikenal dengan nama Gembol, pada April 2018 lalu, diinformasikan terlihat di area Lawang. Sehingga, Polsek Lawang langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka. 
Heri langsung dibawa ke Polsek Lawang untuk diproses lebih lanjut. Gaguk mengatakan, perbuatan pelaku memenuhi unsur penipuan. Sehingga pelaku Heri dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...