Diancam Tak Dapat Warisan, Ceraikan Istri

 
Pernikahan yang berujung perceraian, adalah neraka bagi anak. Hal ini juga yang disadari oleh Amel 40 tahun warga Lesanpuro Kedungkandang. Hanya karena tak mau kehilangan warisan, Ronald 45 tahun memilih menceraikan Amel. Karena orangtua Ronald tak setuju dengan pernikahan dengan Amel, kisah percintaan ini akhirnya berakhir dengan pedih.
“Kami menikah 2007 lalu, dan memiliki satu anak, tapi sebenarnya mertua saya tidak setuju suami menikahi saya,” ungkap Amel mengawali cerita perpisahannya yang pahit.
Karena Ronald bersikeras, akhirnya pernikahan pun berlangsung. Amel sebagai menantu baru, tinggal di dalam rumah mertuanya. Selama menjadi menantu, Amel yang bekerja sebagai karyawan swasta, ikut membantu ekonomi mertuanya.
Amel mencukupi kebutuhan listrik, air dan gas. Sebagai karyawan dengan gaji UMR, semua kebutuhan rumah mertuanya, menghabiskan sebagian besar gaji bulanannya. Ronald sendiri, tidak memiliki pekerjaan tetap.
Karena, Ronald bekerja berdasarkan order proyekan, dia tidak setiap saat bisa mendapatkan uang untuk kebutuhan rumah tangga. Sehingga, dia masih mengandalkan orangtuanya untuk kehidupan rumah tangganya dengan Amel. Pada tahun-tahun pertama, pernikahan ini masih belum ‘diusili’ oleh mertua.
Namun, setelah seorang anak lahir dan kebutuhan harian meningkat, situasi rumah tersebut kian panas. Amel dituntut lebih dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga, di saat harga-harga melambung tinggi.
Amel tidak mampu mencukupi kebutuhan seperti pada awal pernikahan. Ronald tidak segera mendapat pekerjaan tetap dengan penghasilan bagus. Mertua Amel pun akhirnya memberi ultimatum, agar Ronald menceraikan menantu yang dianggap tak bisa membantu ekonomi keluarga.
“Saya cuma dianggap membebani ekonomi keluarga,” ujarnya berurai air mata. Ronald diancam tidak akan mendapat warisan, bila tak mau bercerai dengan Amel.
Tak heran, Ronald yang sejak kecil dimanjakan dengan harta orangtuanya, membuat pilihan yang terlihat sangat mudah baginya. Amel pun memilih berpisah, dan sedang dalam proses mengajukan perceraian ke Pengadilan Agama Malang.(fin/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :