Pria Misterius Rusak Rumah Ibadah


 
MALANG – Seorang pria diduga mengalami gangguan jiwa mendatangi rumah ibadah di Jalan Kebonsari dan melakukan pengerusakan, pukul 07.00 kemarin. Jam besar dan enam kaca dirusak. Dia diamankan anggota Polsekta Sukun setelah pengurus tempat ibadah melaporkan peristiwa ini kepada pihak berwajib.
Wakapolres Malang Kota (Makota), Kompol Bambang Christanto Utomo SH, SIK mengatakan, pelaku diamankan ke Polsek Sukun sebelum dilarikan ke RSJ Lawang. 
“Pria inisial AW, 40, warga Ngaglik Sukun, diamankan setelah kejadian ini,” katanya. 
“Saat di Polsek Sukun dia masih berteriak-teriak dan tidak terkendali,” kata Bambang kepada wartawan di Polres Makota, Jumat (27/4) siang.
Dari keterangan Bambang, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut adalah seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa secara acak. Informasi ini didapat Bambang dari pihak keluarga pria tersebut yang dimintai keterangan oleh polisi.
Gangguan jiwa yang dialami pria tersebut sudah berjalan cukup lama. Gangguan tersebut semakin parah karena enam bulan lalu pria tersebut bercerai dengan istrinya. 
“Sebelum peristiwa ini, pihak keluarga, beserta tetangga memberi kesaksian, bahwa pria ini sudah mengamuk dan merusak rumahnya di Ngaglik pada 25 April lalu. Tapi, setelah mengamuk dia kembali normal lagi. Dia sempat diobati secara alternatif ternyata masih kumat hari ini,” ujar mantan Wakapolres Kediri Kota itu.
Bambang menyebut, pria itu langsung dilarikan ke RSJ Lawang untuk diperiksa intensif dokter spesialis kejiwaan. Dia pun menegaskan agar seluruh umat yang beribadah di tempat ibadat untuk tenang dan tidak terganggu. Mantan Kasatlantas Polres Makota ini pun bersinergi dengan pemimpin agama setempat untuk menjaga iklim kondusif umat di sekitar pondok.
 
“Kita sudah koordinasi dengan tokoh agama setempat, perlu saya sampaikan ini bukan kejadian luar biasa. Ini peristiwa orang diduga memiliki gangguan jiwa, kebetulan melakukan sesuatu di tempat ibadah. Kita masih dalami dan menunggu hasil pemeriksaan dokter spesialis RSJ,” ujar Bambang.(fin/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...