Lawan Politik Ingatkan Jasa-Jasa ER


MALANG POST – Fenomena menarik terjadi pasca sidang putusan atas mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Jumat (27/4) . Di Pengadilan Tipikor Surabaya, ER divonis tiga tahun penjara, meski dakwaan primer atasnya tidak terbukti. Selain soal vonis, yang menarik adalah komentar dari para lawan politik ER. Mereka justru mengajak untuk mengingat kembali jasa ER membangun Kota Batu.
Komentar pertama datang dari Suhadi. Ia tak lain adalah lawan ER pada Pilkada Kota Batu tahun 2007 dan tahun 2012. Suhadi ini, tak lain juga ayah dari Hendra Angga Sonatha Cawali Batu yang menjadi lawan istri ER pada pilkada Kota Batu 2017 lalu.
Suhadi, mengatakan, telah banyak langkah positif yang telah dilakukan ER selama dua periode menjabat sebagai Wali Kota Batu.
"Telah banyak yang telah diberikan ER kepada warganya melalui program-program yang dibuatnya selama menjabat. Sehingga saat ini Kota Batu menjadi dikenal. Baik tingkat nasional hingga internasional," papar Suhadi kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, meski pernah menjadi rival, ia mengakui jasa-jasa ER untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batu. Hal tersebut, lanjut dia, seperti bidang wisata yang berkembang pesat berimbas pada perekonomian pertumbuhan ekonomi masyarakat.
"Contohnya dengan program-program pertanian dengan pariwisata yang berimbas pada meningkatnya UMKM di Kota Batu," imbuhnya.
Hal senada juga disampaikan Abdul Majid yang pernah mencalonkan diri dalam Pilwali 2017 tahun lalu, juga rival ER di Pilkada 2012. Dikatakan Majid, berkat jasa ER perkembangan ekonomi masayarakat lebih menggeliat. Sehingga banyak masyarakat yang diberdayakan.
"Salah satunya yang sangat terlihat adalah bidang pariwisata dan berimbas kepada usaha kecil seperti yang saya geluti saat ini," ungkap Majid.
Saat ditanyai tentang kasus atau vonis yang telah diberikan ER, Majid hanya mengatakan jika setiap pemimpin atau manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. "Saya tidak punya wewenang untuk apa yang dialami ER karena itu sudah masuk ranah hukum. Dari hal itu bisa dikatakan jika setiap orang pasti ada kurang dan lebihnya," imbuhnya.
Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko juga dinilai sebagai sosok yang baik di mata Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur Bululawang KH Khoiruddin. Hal ini dinilai oleh Gus Din sapaan akrabnya selama berkontestasi dalam Pilkada Kota Batu. Seperti diketahui, Gus Din memang menjadi Calon Wali Kota Batu pada pemilihan tahun 2017.
“Setiap saya menghadiri acara bersama Bapak Eddy Rumpoko di Kota Batu, sosoknya memang baik dan ramah,” ujar Gus Din kepada Malang Post.
Meski saat itu dia belum mengenal dekat ER sapaan akrab Eddy Rumpoko, Gus Din menilai ER ramah. Apalagi ER sukses membangun Kota Batu menjadi lebih maju seperti sekarang.
Menurutnya pembangunan kota yang dulunya pernah bergabung dengan Kabupaten Malang ini sangat pesat. Banyak tumbuh usaha wisata besar. Sebut saja ada Jatim Park Group dan bermunculan hotel-hotel berbintang. Dia mengatakan, pembangunan pesat di Kota Batu tersebut memang upaya yang dilakukan ER selama memimpin Kota Batu.
“Seperti dilihat seperti sekarang, kondisi Kota Batu berkembang sangat pesat,” kata Gus Din.
Dia melanjutkan, selama berkontestasi pada pemilihan Pilkada Kota Batu, juga menjalin hubungan baik dengan ER. Saat itu, dia bersaing dengan Dewanti Rumpoko yang notabene merupakan istri ER yang melaju mencalonkan diri jadi Wali Kota Batu.
Hingga Dewanti Rumpoko menjadi Wali Kota terpilih yang memimpin Kota Batu pada periude 2017-2022. “Selama bersaing dalam Pilkada, saya juga menjalin hubungan yang baik,” imbuh Gus Din. Yang paling dia perhatikan adalah ER merupakan sosok ramah dan konsisten dalam memajukan Kota Batu melalui pembangunan.
Melalui berbagai pembangunan itu dia menilai merupakan sebagai prasasti yang ditorehkan oleh ER. “Tentunya berbagai pembangunan yang dilakukan tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan dapat memajukan Kota Batu secara keseluruhan,” pungkasnya.(big/eri/feb/ary)

Berita Lainnya :

loading...