Eka Yuda Cetak Hattrick Bobol UB

 

 
MALANG - Aksi Eka Yuda Agus Irawan, 28, warga Jalan Welirang, Jabung sebagai maling kampus Universitas Brawijaya (UB) memang tak patut dicontoh. Dia mencetak hattrick dengan ditangkap tiga kali oleh Polsek Lowokwaru.
Ia melakukan pencurian di tiga gedung yang berbeda di areal kampus UB. Eka baru saja menjalani masa tahanan 1 tahun 8 bulan karena kasus pencurian kamera recorder di ruang multimedia unit TIK Rektorat UB. 
Eka belum 1 menit menghirup udara bebas pada 30 April lalu, saat dijemput Polsek Lowokwaru. Dia kembali masuk bui karena kasus pencurian alat musik di gedung UKM Seni Budaya UB. Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono membenarkan hal ini.
Tersangka dijerat dengan laporan pencurian alat musik di gedung UKM Seni Budaya UB. “Pada 25 Juni 2016, Polsek Lowokwaru menerima laporan adanya pencurian di gedung ukm seni budaya UB,” kata Pujiono kepada wartawan di Polres Makota kemarin.
Setelah menerima laporan ini, polisi mendapatkan fakta bahwa pelaku tak lain adalah Eka Yuda yang sudah dijebloskan ke penjara oleh Polsek Lowokwaru karena kasus kamera recorder. Eka pun sudah diputus vonis penjara 1 tahun 8 bulan oleh hakim PN Malang, yang diketuai oleh Dina Pelita Asmara SH MH pada 16 Februari 2017.
Setelah bebas, Polsek Lowokwaru kembali menjemput Eka untuk ditahan, berdasarkan laporan pihak UB dalam kasus pencurian 16 alat tiup jenis terompet, trombone dan baritone. Setelah diciduk, Eka mengaku melakukan pengintaian terlebih dahulu sebelum mencuri alat musik.
Minggu, 24 Juli 2016, dia datang ke kampus dengan kendaraan mobil, lalu parkir di sekitar GOR Pertamina kampus UB. Dia mendatangi gedung UKM seni budaya, lalu mencoba membuka pintu gudang dengan berbagai jenis kunci. 
Setelah menemukan kunci yang tepat, pelaku tidak langsung melakukan pencurian. Pada 25 Juli 2016, sekitar pukul 00.20, Eka kembali mendatangi lokasi yang sudah sepi. Dia membuka gudang, lalu menguras semua alat musik. 
Dia menunggu hingga pukul 05.30, saat penjagaan lengah, dan keluar dari kampus UB. Sebelum kasus pencurian kamera recorder dan alat musik, Eka Yuda sudah divonis 1 tahun 6 bulan pada 7 Juli 2014 oleh PN Malang. 
Dia terbukti mencuri tiga dompet, satu laptop, satu iPad Apple. Dia mengambil barang-barang tersebut dari dua tempat, yakni gedung B FK UB dan di ruang Sekretariat Paduan Suara UB pada 19 Februari dan 26 Februari 2014. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...