Arus Pendek Hanguskan Rumah Jalan Remujung


 
MALANG - Kebakaran menghanguskan dua rumah yang berimpitan di Jalan Remujung Malang, siang kemarin. Api berawal dari lantai dua rumah milik Lasmad Rifai, warga Jalan Vinolia. Setelah itu, si jago merah menjalar ke kediaman Siami, tetangga sebelah. 
PMK Kota Malang menerima laporan tersebut pukul 11.05. Kepala UPT PMK Kota Malang, Jose Bello mengaku memimpin tiga regu ke lokasi dalam waktu kurang dari 10 menit. Setibanya di tempat kebakaran, tim pemadam langsung disambut asap yang membumbung tinggi.
Tak hanya itu, karena letak titik api berada di lantai dua, petugas pemadam mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi yang pas dalam menyemprotkan air. Sehingga, Bello memerintahkan pasukannya untuk memasang empat selang agar personel bisa menaiki lantai dua, lalu menyemprotkan air dari atap.
“Untuk menjangkau titik api terdekat, kita harus menyambung empat selang, karena lokasinya cukup sulit untuk dimasuki,” ujarnya.
Proses penyemprotan dan pemadaman berlangsung selama kurang lebih dua jam. Pasalnya, api merembet ke rumah sebelah dari kemunculan titik api pertama.
PMK mengerahkan delapan unit kendaraan pemadam untuk memastikan titik api di lokasi kebakaran benar-benar padam. Bello menjelaskan, penyelidikan awal petugas pemadam, api berasal dari sambungan arus pendek yang menyebabkan korsleting listrik di rumah Lasmad.
“Diduga terjadi sambungan arus pendek, sehingga muncul percikan api. Kalau percikan apinya terjatuh di lantai mungkin tak akan terjadi kebakaran. Tapi, percikan api ini diduga jatuh di kasur. Sehingga, api melahap bahan mudah terbakar dan menyebabkan kebakaran,” sambung Bello.
Kerugian yang dialami oleh korban masih belum bisa dihitung. Namun, lantai atas dari kedua rumah tersebut gosong. Untuk rumah milik Lasmad, areal yang terbakar sekitar 7 x 7 meter. Sedangkan, rumah Siami, terbakar sekitar 4 x 7 meter. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :