Kapolres Ajak Masyarakat Waspada Kejahatan


MALANG - Menjelang bulan Ramadan, Polres Malang Kota terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat agar waspada terhadap segala bentuk kejahatan. Apalagi, angka kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan narkoba saat ini terus meningkat.
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, S.IK, MH mengungkapkan, sejauh ini, ada beberapa titik tertentu di wilayah hukum Polres Malang Kota yang masih sering menjadi sasaran para pelaku curanmor. Meskipun tak menyebut secara rinci, dari beberapa bulan lalu terus meningkat.
“Kalau curanmor, peringkat tertinggi di sekitar Lowokwaru. Hal ini terjadi mungkin karena daerahnya banyak kampus, kontrakan dan juga tempat kos,” terang dia.
Sedangkan untuk kasus narkoba, pengungkapan kasus ini masih banyak dilakukan. Namun, beberapa waktu lalu, Polsek Lowokwaru berhasil mengungkap tembakau gorila yang didapat dari empat orang. “Artinya semakin banyak ungkap, ya banyak peredaran,” lanjut dia.
Ssaat ini, pihaknya lebih banyak melakukan sosialisasi untuk bahaya narkoba. Kasat Reskoba dan Kasat Binmas sudah ditekankan agar fokus pencegahan agar anak-anak muda tidak lagi mendekati barang haram tersebut.
"Hasil beberapa bulan pengungkapan rata-rata jenis sabu-sabu, ganja dan ekstasi. Yang kami incar itu bandarnya, tapi beberapa pelaku sering memutus rantai ke bandar, sehingga kesulitan untuk mengungkapnya," papar dia.
Selain itu, pihaknya juga menggencarkan sosialisasi terhadap tindak kejahatan lainnya, seperti pencurian.
 “Anggota kepilisian kami sebarkan ke beberapa titik rawan kejahatan. Kemudian, mereka juga melakukan tindakan preventif hingga melakukan penindakan jika ada masyarakat yang terbukti melakukan tindak kriminal,” kata dia.(tea/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :