Pemkot Bungkam Soal Jarot


MALANG – Pemkot Malang memilih bungkam atas penetapan tersangka terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang Jarot Edy Sulistyono. Wali Kota Malang H Moch Anton belum dapat dihubungi pasca rilis dari KPK. Nomor ponsel orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang ini mati.
Namun sebelumnya, Abah Anton begitu dia akrab dipanggil, memilih menunggu surat resmi dari KPK tentang penetapan Jarot sebagai tersangka. ”Saya tidak tahu, belum, saya belum tahu,’’ katanya kemarin. Anton juga mengatakan, dia akan menunggu lebih dulu, sebelum memberikan reaksi terhadap kasus yang menjerat Jarot.
”Saya belum menerima surat resmi. Jadi ya, belum tahu,’’ katanya.
Wakil Wali Kota Malang H Sutiaji pun demikian. Orang nomor dua di Pemkot Malang ini memilih bungkam saat ditanya tentang penetapan Jarot sebagai tersangka. ”Jangan saya, wes pokoknya jangan saya,’’ kata Sutiaji. Dia juga menolak berkomentar mengenai pertanyaan apakah Pemkot menyediakan bantuan hukum untuk Jarot. ”Wes to ojok aku. Aku nggak komentar opo-opo,’’ tandasnya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto SH, MH pun demikian. Saat Malang Post beberapa kali menghubungi nomor ponselnya, hanya terdengar nada sambung. Pria ini enggan mengangkat ponselnya. Termasuk saat Malang Post mengirim SMS untuk konfirmasi, Wasto tidak membalas.
Aksi bungkam juga dilakukan oleh Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto. Saat dikonfirmasi pasca rilis penetapan Jarot sebagai tersangka oleh KPK, pria ini mengatakan belum mendapatkan petunjuk pimpinan. ”Belum ada petunjuk dari pimpinan, karena belum menerima pemberitahuan formil,’’ begitu tulis Wiwit panggilan Nur Widianto dalam pesan WhatsApp.
Sementara itu beberapa sumber menyebutkan, kemarin Jarot sudah tidak lagi ngantor. Anak buahnya di DPMPTSP sendiri tidak mengetahui di mana Jarot berada. Dikonfirmasi hal ini, Wiwit mengatakan Pemkot Malang belum melakukan tindakan apapun. Kalaupun Jarot tidak ada di kantor, dia menyebut, bisa jadi yang bersangkutan sedang dinas luar. ”Tidak di kantor, mungkin karena ada giat,’’ jawabnya singkat.(ira/han)

Berita Lainnya :