Sindikat Maling Motor Digulung

 
PASURUAN - Polsek Lumbang berhasil menangkap tiga dari lima orang sindikat pelaku pencurian kendaraan bermotor. Sabtu (19/5) lalu, mereka digulung dari dua lokasi terpisah. Sedangkan, dua pelaku lainnya masih buron dan terus diburu. 
Dari tiga tersangka itu, dua di antaranya disangka sebagai penadah motor curian. Semuanya, warga Kabupaten Probolinggo. Yakni, Abdul Rohman, 38, warga Desa Gununggeni, Kecamatan Banyuanyar dan Yudiantoro, 25, warga Desa Lambang Kuning, Kecamatan Lumbang. 
Ada juga, seorang otak pelaku, Muhamad Liyanto, warga Desa Sebalong, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Dari informasi yang dihimpun, para tersangka dibekuk berdasarkan laporan dua korban yang sama-sama warga Kecamatan Lumbang. Yakni, Abdul Adhim, 24, warga Desa Lumbang dan Suryono, 45, warga Desa Branggah. 
Abdul Adhim melapor karena kehilangan motor Suzuki Nex, Jumat (2/2) silam. Dua hari kemudian atau Minggu (4/2), giliran Suryono. Dia melapor telah kemalingan dua sepeda motor, berupa Honda Beat dan Yamaha Mio. Berdasarkan kedua laporan itu, Polsek Lumbang menyelidiknya. Dari penyidikan selama dua bulan lebih, mendapatkan titik terang. Sabtu (19/5), sekitar pukul 14.00 WIB, polisi membekuk Abdul Rohman dan Yudiantoro. 
‘’Pertama kami mengankan dua orang penadahnya, Abdul Rohman dan Yudiantoro. Mereka kami tangkap saat berada di jalan,’’ ujar Kanit Reskrim Polsek Lumbang Bripka Dadang. 
Setelah menangkap dua orang ini, tim gabungan Polres Probolinggo-Polsek Lumbang, tidak berhenti. Mereka mengorek informasi dari dua pelaku itu untuk mengungkap pencurinya. Ternyata, mereka mengaku mendapatkan barang dari orang yang sama. Yakni, Muhamad Liyanto. 
Saat itu juga polisi bergerak menuju rumah Liyanto. Sekitar pukul 20.00 WIB, otak pencurian ini berhasil dibekuk di rumahnya. Kepada polisi, Liyanto mengaku mencuri karena terlilit utang. Uang penjual motor hasil curian itu pun digunakan untuk membayar utang. Katanya, dua motor yang dicurinya dijual seharga Rp 5 juta. 
‘’Pelaku mengaku karena terhimpit utang. Hasil penjualan telah habis digunakan untuk membayar utang,’’ ujar Dadang. 
Selain mengamankan seorang pencuri dan dua penadah, kepolisian juga mengamankan barang bukti. Berupa motor Honda Beat, Yamaha Mio, dan Suzuki Nex. Kini, ketiga tersangka ditahan di Mapolsek Lumbang.‘’Yang dua (pelaku) kami sudah mengetahui identitasnya. Sekarang masih dalam pengejaran dan kami tetapkan masuk DPO (daftar pencarian orang),’’ ujar Dadang. (br/mie/sid/jpr/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :