Jual Motor Curian Lewat Online

 

 
MALANG - Yosep Ongky Wardani, 24, warga Bareng, Kota Malang berhasil diringkus Polsek Sukun. Yosep diamankan karena kedapatan mencuri motor yang kemudian dipasarkan melalui portal online. Kapolsek Sukun Kompol Anang Tri Hananta mengatakan, aksi yang dilakukan Yosep sekitar 15 Mei 2018 lalu. 
“Sekitar pukul 18.30, Yosep mencuri motor di salah satu rumah warga. Saat itu, pemilik motor sedang menjenguk keluarganya yang sakit di rumah tersebut,” jelas Anang.
Pada saat melakukan pencurian, Yosep beraksi menggunakan kunci palsu yang didapat dari Pasar Comboran. Berdasarkan pengakuan tersangka, kunci tiruan tersebut didesain khusus untuk motor Jupiter MX. Namun, dalam melakukan aksinya, Yosep memilih motor yang kontaknya sudah rusak. 
Aksi pencurian yang dilakukan Yosep berjalan mulus. Ia berhasil melakukan pencurian motor Jupiter MX warna merah W 2007 VX. Malam harinya, korban langsung melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian. Kemudian, pihak polisi langsung melakukan olah TKP, penyelidikan dan juga mengumpulkan inventaris para residivis. 
“Kami juga lidik ke media sosial yang ada jasa jual beli online. Dari situ, kita memperoleh petunjuk,” kata dia.
Setelah itu, pihak kepolisian langsung memancing tersangka dengan berpura-pura menjadi pembeli. Ia menawarkan motor tersebut seharga Rp 2 juta dan mengganti dengan plat palsu, menjadi L 6339 DZ.
“Pelaku melakukan aksinya dengan satu teman yang lain, satunya masi DPO, inisial I, kami mohon untuk menyerahkan diri kepada kami,” tegas dia.
Anang menyebutkan, pelaku sudah melakukan pencurian sebanyak tiga kali. Atas perbuatannya tersebut, Yosep dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (tea/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :