Membuat Petasan, Dua Warga Kidal Diamankan

 
MALANG - Dua warga Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, diamankan Satreskrim Polres Malang akhir pekan lalu. Yakni Junaedi, 30 dan Iwan, 35. Mereka ini ditangkap karena membuat dan menjual petasan secara bebas. 
Selain menangkap mereka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa bahan serbuk untuk petasan, serta beberapa petasan yang sudah siap jual. 
"Keduanya ini pembuat dan penjual. Tersangka JN (Junaedi) yang membuat, sedangkan satu tersangka lagi adalah penjualnya," jelas Kasatreskrim Polres Malang, AKP Adrian Wimbarda. 
Tersangka Junaedi mengaku, sudah dua tahun ini dia membuat petasan. Dia belajar membuat petasan dari kakeknya yang kini sudah almarhum. Termasuk bahan untuk membuat petasan juga diakui adalah sisa dari kakeknya dulu. 
"Saya bisa membuat petasan dulu diajari oleh kakek. Bahan untuk petasan itu, adalah sisa milik kakek saya dulu. Saya hanya tinggal melanjutkan dan memakainya saja," ujar tersangka Junaedi.
Dikatakan dia, petasan dibuat setiap bulan puasa saja. Biasanya dia membuat tergantung pesanan. Tetapi ketika tidak ada pesanan, dia sekadar membuat untuk persediaan saja.
"Biasanya pesanan petasan dari orang mulai malam 21 Ramadan. Petasan biasanya dipesan untuk persediaan Lebaran. Ini belum membuat saya sudah ditangkap di rumah," ungkapnya.(agp/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :