Jaga Pos Pam Jangan Hanya Duduk

 
MALANG – Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung bersama Wakapolres Kompol Decky Hermansyah, meninjau Pos Pam (Pengamanan) Operasi Ketupat Semeru 2018, Sabtu (9/6) siang. Mereka mengecek perlengkapan serta kesiapan anggota yang bertugas di pos pengamanan.
Diawali dengan mengecek Pos Pam depan Pasar Kepanjen, kemudian dilanjutkan ke Pos Pantau depan Pasar Pakisaji dan Kebonagung, lalu ke Pos Pam depan Pasar Singosari. Selanjutnya ke Pos Pam depan Pasar Lawang, yang diteruskan dengan memantau pintu masuk tol Malang – Pandaan (Mapan) di Sumber Wuni, Lawang.
Dalam setiap kunjungan, Kapolres memberikan pengarahan dan berpesan kepada anggota, yang terlibat pengamanan di Pos Pam. Anggota yang berjaga untuk tidak hanya diam atau duduk saja. Melainkan, secara bergantian melakukan pemantauan. Baik ke tempat wisata, pasar ataupun turun ke jalan mengatur arus kendaraan.
“Karena setiap kegiatan nantinya, akan kami minta laporan setiap harinya. Jangan hanya mengatakan aman terkendali dimintai laporan. Tetapi harus terperinci, misalnya ada berapa kecelakaan dalam sehari di wilayahnya, itu juga harus terdata dan dilaporkan,” terang Yade Setiawan Ujung.
Bahkan bila perlu, anggota juga menghitung berapa jumlah kendaraan yang melintas setiap jam, secara bergantian. Kemudian dibandingkan dengan hari sebelumnya apakah ada peningkatan jumlah kendaraan.
“Kalau tidak bisa bagaimana cara menghitungnya, mungkin bisa menanyakan ke Satuan Lalu Lintas yang melakukan perhitungan setiap satu jam sekali,” tutur Ujung.
Sekadar diketahui, Operasi Ketupat Semeru 2018 dimulai sejak 7 Juni lalu. Operasi tersebut melibatkan sekitar 550 personil gabungan. Selain dari personil Polres Malang, juga dari TNI AD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMK, Dinas Kesehatan, Senkom, Pemuda Pancasila serta Pramuka.
Seluruh anggota di sebar di lima Pos Pam, yakni Lawang, Singosari, Simpang Tiga Karanglo, Wendit Pakis serta Kepanjen. Termasuk enam Pos Pantau serta tiga Pos Wisata. (agp/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...