Mudik Lebaran Tetap Mawas Kejahatan

 
MALANG - Angka pencurian di wilayah hukum Kota Malang, baik curanmor maupun curas masih tergolong tinggi. Oleh karena itu, Kapolres Malang Kota (Makota) AKBP Asfuri, S.IK, MH mengimbau warga, terutama yang sedang mudik agar lebih waspada.   
Pihak Polres Malang Kota dan juga polsek jajaran kini memaksimalkan peran polisi RW. Selain itu patroli untuk meminimalisir gangguan kamtibmas.
“Kami juga membuat spanduk imbauan di setiap wilayah yang rawan terjadi pencurian. Sehingga, masyarakat bisa waspada dan menjaga barang-barang berharga,” terangnya kepada Malang Post.
Asfuri mengungkapkan, sejauh ini, angka curanmor yang masih tinggi adalah di kawasan Lowokwaru. Sebab, menurutnya, wilayah Lowokwaru banyak terdapat tempat kos dan juga kontrakan mahasiswa.
“Perkampungan padat juga banyak di kawasan Lowokwaru. Masyarakat masih belum bisa mengamankan kendaraannya. Utamanya ketika parkir, kadang suka lalai pasang kunci ganda dan parkir di tempat yang tidak ada tukang parkirnya,” jelas dia.
Asfuri menegaskan, pihaknya juga menekankan kepada anggotanya yang ada di polsek-polsek untuk menekan angka kriminalitas, utamanya curat dan curas. Sehingga, ia meminta para anggotanya untuk berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat dan juga melakukan patroli dengan langsung turun ke jalan.
"Kami melakukan komunikasi dengan elemen masyarakat untuk meningkatkan pengamanan di rute masing-masing termasuk Bhabinkamtibmas, Polisi RW, Babinsa, lurah dan jajaran lainnya," kata dia. 
Asfuri juga memberikan imbauan kepada masyarakat Kota Malang yang hendak mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Ia mengingatkan supaya masyarakat yang mudik untuk tidak lupa mengecek kondisi rumah. Mulai dari aliran listrik, kran air hingga tabung gas.
“Jangan lupa untuk memastikan pintu dan semua jendela benar-benar terkunci. Jangan lupa juga untuk menitipkan rumah kepada tetangga atau para petugas keamanan. Supaya, mereka bisa membantu untuk memantau rumah tersebut," tandas dia. (tea/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :