Awas Spesialis Rumah Kosong Incar Perumahan


MALANG – Tingginya arus mudik lebaran yang meninggalkan Kota Malang membuat jalur lalu lintas cukup lengang sebelum hari H. Namun, potensi tindak kejahatan di kawasan yang ditinggal mudik pun mengalami peningkatan. Kepala Polres Malang Kota, AKBP Asfuri SIK meminta warga masyarakat kota untuk mengamankan harta bendanya sebelum mudik keluar Kota Malang.
“Bagi warga kota Malang yang meninggalkan rumah dan mudik keluar kota, diimbau mengamankan harta benda dan barang berharga di rumah. Jika rumahnya tak ada penjaga, maka sebaiknya dititipkan ke tetangga yang tidak mudik atau kepada satpam perumahan,” kata Asfuri kepada Malang Post, Selasa (12/6) siang ini.
Tiap jelang lebaran, kejahatan spesialis rumah kosong mengincar Kota Malang, utamanya kawasan perumahan-perumahan menengah ke atas. Sehingga, Polres Makota tak hanya menyiagakan pos pengamanan dan pos pelayanan untuk pengguna lalu lintas. Korps bhayangkara Kota Malang ini juga melakukan patroli rutin ke semua titik-titik rawan.
“Kita lakukan patroli rutin setiap hari selama Ops Ketupat Semeru berlangsung. Tak hanya kawasan padat seperti mall atau taman dan stasiun transportasi, kita juga siagakan anggota ke perumahan-perumahan kosong yang ditinggal pemiliknya mudik keluar Kota Malang,” tutup Asfuri.
Sementara, KBO Satlantas Polres Makota, Iptu Endiex yang ditemui di pos pengamanan PDAM Lama, mengatakan arus mudik akan meningkat drastis pada hari H+1. Sehingga, pengamanan di jalanan bakal semakin ditingkatkan. Masyarakat atau pemudik, tidak perlu segan datang ke pos pengamanan bila menemui atau melihat ada tindak kejahatan selama mudik di Kota Malang.
“Selama ada pos pengamanan, kita standby 24 jam untuk membantu dan mengamankan arus mudik. Jika ada warga yang melihat ada tindak kejahatan, maka sebaiknya segera merapat ke pos pengamanan terdekat,” ujar Endiex. Pos pantau Polres Makota selama mudik, antara lain kantor PDAM Lama, Kacuk, Landungsari, Mitra dan Sawojajar. Sedangkan, dua pos pengamanan terpusat di Arjosari dan Alun-Alun Merdeka.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :