Gasak Uang Rp 5 Juta

 
MALANG - Hati-hati menaruh dompet saat nongkrong. Jika tidak, maka nasib sial yang dialami warga Ngijo Karangploso, inisial DA, 28 tahun bakal terulang. Dompetnya yang tertinggal di sebuah kafe di wilayah Lowokwaru, digondol oleh M Rais F, 20 tahun, warga Jalan Padangpanjang, Pasar Manggis, Jaksel pada 12 Agustus 2017 lalu. Uang sebanyak Rp 5 juta amblas dan hanya tersisa Rp 210 ribu saja. Reskrim Polres Makota menangkap Rais di kos-kosannya pada 15 Agustus lalu. 
"Tersangka mengambil dompet yang tertinggal di meja kafe dan tidak dikembalikan," kata AKP Heru Dwi Purnomo kepada wartawan di Polres Makota siang kemarin. 
DA, awalnya tengah nongkrong di kafe dan ngobrol dengan kawannya. Karena lupa waktu dan lengah, DA pulang tanpa membawa dompetnya di atas meja kafe.
Saat inilah, Rais alias Raisa melihat barang tersebut tergeletak di meja. Tanpa pikir panjang dia lalu mengambil dompet tersebut, lalu kabur. DA baru sadar bahwa dia tak mengantongi dompet setelah pergi beberapa saat dari kafe tersebut. Dompet berisi uang Rp 5 juta serta surat-surat berharga raib ketika dia kembali ke tempat kejadian. DA langsung melapor ke Reskrim Polres Makota.
Polisi yang melakukan penyelidikan, meminta pemilik kafe memutar rekaman CCTV yang terpasang. Benar saja, wajah Rais terpampang jelas di dalam rekaman CCTV. Polisi langsung memburu tersangka dan akhirnya melakukan penangkapan di kos-kosan Jalan Candi Panggung Lowokwaru pada 15 Agustus lalu.
Saat kos-kosannya digerebek, Rais tak bisa mengelak karena dompet barang bukti hasil kejahatan masih ada. Surat-surat berharga milik DA juga masih lengkap."Uang yang tersisa tinggal Rp 210 ribu saja. Sisanya sudah dipakai. Dia gunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk bayar uang kos," tambah Heru.
Akibat perbuatannya, Rais kini harus siap menghadapi jeruji penjara. Perbuatannya terancam pasal 362 KUHP dengan maksimal penjara 5 tahun.(fin/jon)

Berita Lainnya :