Pelanggaran Lalin Capai 2295 Orang


MALANG – Jumlah pelanggaran lalu lintas dari bulan Juli hingga 22 Agustus 2017 kemarin mengalami peningkatan signifikan. Tak heran, Satlantas Polres Makota menghelat razia rutin untuk menekan jumlah pelanggaran lalu lintas. Kemarin, operasi rutin digelar di pos lantas Klenteng-Kebalen.
Kasatlantas Polres Makota AKP Ady Nugroho, lewat Kabag Humas Polres Makota Ipda Marhaeni, menyebut operasi kemarin menyasar roda dua dan roda empat. “Kegiatan ini dipimpin Pawas Aiptu Putu Surya dengan delapan personel, serta menyasar roda dua dan roda empat,” ujar Heni, sapaan akrabnya kemarin.
Data sidang lalu lintas di PN Malang menunjukkan, bulan Juli lalu, jumlah pelanggaran total adalah 1813. Sedangkan, pelanggaran hingga 22 Agustus kemarin, mencapai 2295. Kenaikan pelanggaran lalu lintas, mencapai 26 persen. Tak heran, Satlantas Polres Makota mengharap warga Kota Malang dan sekitarnya, memenuhi semua persyaratan berkendara, agar tidak kena tilang.
“Kami harap masyarakat menghargai dirinya sendiri, dengan melengkapi surat yang diperlukan seperti SIM dan STNK, serta pakai helm SNI. Supaya, warga bisa berkendara dengan aman dan nyaman di jalan serta menghindari kecelakaan yang merugikan,” sambung perwira polwan dengan satu balok emas di pundak ini.
Dalam operasi rutin di depan pos lantas Klenteng-Kebalen, Satlantas Polres Makota memeriksa 65 kendaraan. Yakni, 42 roda dua, serta 23 roda empat. Polisi memeriksa semua persyaratan berkendara, mulai dari SIM, STNK hingga kelengkapan helm. Polisi juga mengantisipasi, adanya senjata tajam, handak atau bahan peledak hingga narkoba. “Dalam operasi, tidak ada penemuan sajam, handak atau narkoba. Namun, masih ada pelanggaran yang terjadi dari pengendara motor,” kata Heni.
Kemarin, dalam operasi yang digelar pukul 09.00 sampai 10.00, Satlantas Polres Makota, menilang sembilan kendaraan roda dua. Yakni, dua pelanggar tanpa SIM, serta 7 pelanggaran STNK. “Warga yang kena tilang, harus menjalani persidangan tindak pidana ringan untuk mengambil kembali surat-suratnya,” tutupnya.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :