Benteng Terdepan Kendalikan Massa

 
MALANG – Rangkaian HUT ke-69 Polisi Wanita (Polwan) masih berlanjut di markas Polres Makota. Pagi kemarin, pukul 07.00, para polwan, anggota bhayangkari hingga personel mako Jalan JA Suprapto, bersenam bersama di halaman depan. Kapolres Makota AKBP Hoiruddin Hasibuan, melalui Kabag Humas Polres Makota, Ipda Marhaeni menyebut senam bersama ini digelar selama kurang lebih satu jam.
“Senam ini dihadiri oleh seluruh Polwan di lingkungan Polres Makota, para pejabat utama, Kapolsek, anggota Polres hingga Bhayangkari,” kata Heni, sapaan akrabnya kepada Malang Post kemarin. Dalam senam, para anggota bhayangkari memakai seragam khusus berwarna merah muda.
Sementara, anggota polwan serta Polres Makota beserta jajaran, memakai seragam olahraga warna biru. Para Kepala Satuan (Kasat)  beserta istri, ikut menghangatkan halaman Polres Makota dengan senam sehat. Wakapolres Makota, Kompol Nandu Dyanata juga menghadiri senam bersama dalam rangka HUT ke-69 Polwan tersebut. “Ini menjadi wujud kebersamaan antara anggota Polri dan Bhayangkari,” sambung Heni. Peringatan HUT Polwan menjadi kesempatan bagi para polwan, anggota Bhayangkari serta anggota Polri untuk membangun komunikasi dan kekompakan. Sebab, polwan punya peran vital dalam penegakan ketertiban dan keamanan Kota Malang.
Peran polisi wanita sebagai pengayom masyarakat tetap harus berjalan, kata Heni. Dengan usia yang sudah 69 tahun, tantangan bagi para polwan semakin berat. Polisi wanita masa kini, harus tanggap dalam menangkap isu sosial dalam masyarakat. Bahkan, polisi wanita kini adalah benteng terdepan dalam mengendalikan demonstrasi masa.
Tak heran, saat demonstrasi terjadi di Kota Malang, para polwan Polres Makota selalu di depan demi meredam dan mendinginkan suasana yang panas. Peranan polwan diharapkan juga semakin kuat sebagai instrumen negara dalam melindungi masyarakat. Heni menambahkan, puncak peringatan HUT Polwan terjadi pada 1 September mendatang.
“Saat ini masih rangkaian. Sebelumnya kita sudah gelar giat rangkaian HUT Polwan, seperti patroli tertib lalu lintas, bagi-bagi bunga kepada pengguna jalan hingga sambang purna polwan di Malang,” tutupnya.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...