Bakar Sampah, Rumah Warga Pisang Kipas Terbakar

 
MALANG – Warga Jalan Pisang Kipas kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru panik  Sore menjelang maghrib , rumah milik Meliani, 55, warga Jalan Pisang Kipas 2A, dilalap api. Lima buah armada pemadam UPT PMK Kota Malang dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.
Kepala UPT PMK Kota Malang Jose Belo menyebut kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00. “Api membakar bagian atap dari pojokan rumah tersebut,” ujar Belo kepada Malang Post, saat dikonfirmasi . 
Dari keterangan yang dihimpun, kebakaran diduga berawal dari tumpukan sampah yang ada di luar pojokan rumah tersebut. Penghuni rumah yang berada tepat di samping Pisang Kipas Guest House tersebut, diduga hendak membakar tumpukan sampah ini setelah bersih-bersih dedaunan dan sampah kering. Namun, saat sampah dibakar, api menyala dengan luar biasa. Bahkan, si jago merah menyambar bagian atap rumah tersebut.
Kontan saja, pemilik rumah langsung panik dan menghubungi aparat setempat. Sembari menunggu pemadam, warga dan pemilik rumah juga berusaha memadamkan api dengan air dan alat seadanya. Tak lama, lima pemadam kebakaran turun ke lokasi yang terletak di area belakang Pizza Hut Sukarno Hatta ini.
Masyarakat yang sempat panik dan berkerumun, menyaksikan proses pemadaman oleh petugas PMK. Belo menyebut, pemadaman sukses setelah bagian atap rumah yang terbakar, disemprot oleh petugas. Beberapa petugas yang naik ke atap, ikut mempercepat proses pemadaman api tersebut. Sehingga sekitar pukul 18.45  malam, pemadaman sudah beres. “Anggota sudah menyelesaikan pendinginan dan kini kembali ke markas,” papar kepala UPT yang bermarkas di Jalan Bingkil ini. Belo mengharapkan, warga tidak sembrono dalam membakar sampah apalagi di dekat rumah. Dia berharap masyarakat waspada dan memikirkan keselamatannya, ketika membakar sampah. “Kami harap tidak sembarangan saat bakar sampah, dan menjaga diri, agar tidak sampai merugikan harta bendanya dan keluarga,” tutup Belo. 
Sementara itu, Jumat malam lalu, kebakaran juga terjadi di lingkungan Polinema. Sekitar pukul 19.00, asap membumbung di sekitar jembatan Sukarno Hatta. Rimbunan bambu di dekat sungai area Polinema terbakar. Delapan unit mobil pemadam kebakaran turun untuk menghentikan api agar tak menjalar ke dalam kampus.(fin/lim)

Berita Lainnya :