Pencuri Kotak Amal Ditangkap Warga

 
MALANG – Di saat warga sibuk nonton karnaval di di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, ternyata dimanfaatkan pelaku pencurian. Pelakunya, Eka Johan Prakoso 25 tahun, warga Jalan Gadang 17 A, Kota Malang.
Johan mencuri kotak amal di Musala Shamrotul Iman di Jalan Melati, Desa Sekarpuro. Beruntung aksinya diketahui salah satu warga dan nyari dihajar beramai-ramai.
“Tersangka melakukan aksi pencurian pada hari Minggu (27/8) pukul 16.30 petang hari,” kata Kapolsek Pakis AKP Hartono kepada Malang Post siang kemarin. 
Hartono menjelaskan selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa obeng, uang Rp 106.600,  tas ransel serta motor Satria warna hitam Nopol N 2161 WI yang digunakan melakukan aksinya.
Dari keterangan yang dihimpun, Johan melakukan aksinya saat para warga sedang sibuk melihat karnaval yang ada di sepanjang Jalan Raya Sekarpuro. Sore itu ia berkeliling menggunakan motor mencari musala. Dengan modus berpura-pura salat, ia masuk ke Musala Shamrotul Iman di Jalan Melati sambil mengawasi keadaan sekitar.
Setelah keadaan dirasa cukup aman, Johan mencongkel kotak amal bagian bawah dengan alat yang sudah disiapkan dari rumah dan dibawa di dalam tas ranselnya. Setelah berhasil, ia mengambil uang dengan cepat. Namun, saat ia beraksi, ternyata ada salah satu warga yang memergoki aksi Johan. Belum semua uang di dalam kotak diambil, ia diteriaki maling.
Hanya dalam waktu sekejab, warga berhamburan menuju musala dan ingin menghajar maling tersebut. Beruntung, Johan diamankan di rumah salah satu warga. Sedangkan takmir musala segera melapor ke pihak yang berwajib.
“Semua warga baru pulang dari melihat karnaval di jalan raya saat itu, termasuk saya. Dan saat terdengar teriakan maling dari arah musala, semua ke luar rumah dan menghadang maling tersebut,” papar Sutrisno warga sekitar yang sempat ditemui Malang Post. 
Sutrisno juga keheranan dengan aksi nekat yang dilakukan Johan. Pasalnya, saat melakukan aksinya, keadaan sedang terang benderang dan banyak warga yang berlalu lalang. (mg1/jon)

Berita Lainnya :