Tingkatkan SDM Anggota, Gelar Pelatihan TKP



MALANG - Guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM anggota kepolisian saat melakukan tugas di lapangan, Polres Malang menyelenggarakan pelatihan. Yakni pelatihan mandiri penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), Olah TKP dan Sosialisasi Test Kit Bidang Identifikasi.
Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Kanit Reskrim, Kanit Sabhara, Ka SPKT, anggota Unit Reskrim Polsek jajaran dan anggota Satsabhara Polres Malang sejumlah 156 di Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (7/8) kemarin.
Waka Polres Malang, Kompol Decky Hermansyah membuka kegiatan rutin itu mengatakan, pelatihan fungsi teknis tersebut merupakan satu bentuk upaya peningkatan kinerja dengan mengikuti pelatihan Polri.
“Tidak ada kata telat untuk belajar. Baik anggota Polri lama maupun baru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya agar pelayanan terhadap masyarakat bisa meksimal,” ujar Decky.
Ia menjelaskan, materi yang diberikan kepada anggotanya khusunya penanganan TKP, yang terdiri dari TPTKP dan Olah TKP. TPTKP merupakan kewenangan setiap anggota Polri dalam tindakan pertama di TKP. Sedangkan Olah TKP merupakan penanganan di TKP untuk mencari bukti permulaan yang cukup dalam upaya untuk membuat terang suatu tindak pidana.
“Dengan begitu, setiap anggota Polri harus mampu menguasai bidang identifikasi dalam bentuk TPTKP dan Olah TKP. Karena dari identifikasi kasus yang tepat, nantinya mampu menentukan langkah lanjutan dalam penyelesaian perkara tindak pidana,” tegasnya.
Dicontohkan, anggotanya harus belajar dari kasus pembunuhan berencana dengan tersangka Riyan asal Jombang. Dimana dalam proses identifikasinya terjadi kesalahan oleh Anggota Polri yang berakibat pada penanganan kasus tersebut sempat mengalami hambatan. Karenanya saat melakukan proses identifikasi, yang didahului dengan TPTKP, penanganan korban hingga olah TKP harus diselenggarakan secara benar dan tepat.
Sementara itu, dari materi penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP)  dibawakan oleh Shabara, Iptu Masulfianto, Olah TKP oleh Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Polres Malang, Iptu Sutiyo, Sosialisasi Test Kit Bidang Identifikasi dari tim identifikasi Polres Malang dan penanganan korban oleh dr.Anita Rahmawati bersama tim Dokkes Polres Malang.
Dengan diadakan latihan fungsi teknik tersebut, ia berharap para Kapolsek jajaran bisa meningkatkan pelayanannya. Untuk itu Polres Malang juga akan melaksanakan lomba TPTKP dan Olah TKP di masing-masing Rayon, dengan Polsek Jajaran sebagai pesertanya. (eri/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :