Gali Kolam, Temukan 60 Peluru

 
MALANG – Warga sekitar Jalan Sersan Suyitno, Desa/Kecamatan Sumberpucung, pagi kemarin digemparkan dengan temuan puluhan amunisi aktif. Peluru jenis 10.75 x 68 Mauser Cartridge HS DWM KK515 A Auction sebanyak 60 butir tersebut, ditemukan tertanam dalam tanah di samping rumah Miselan, warga sekitar.
Saat ditemukan, kondisi amunisi tersebut sebagian sudah rusak dan berkarat. Agar tidak sampai terjadi apa-apa dan untuk proses penyelidikan, amunisi buatan Perancis tahun   1940-1952 tersebut, langsung diamankan di Polres Malang.
“Milik siapa amunisi tersebut, masih belum diketahui. Karena ditemukan tertanam dalam tanah dan kondisinya sudah berkarat. Kemungkinan sudah puluhan tahun tertanam,” ujar Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik.
Diperoleh keterangan, Miselan adalah orang baru di kampung tersebut. Ia baru sekitar tujuh tahun ini menjadi warga sekitar, setelah membeli rumah dari Paidi, pada tahun 2010 lalu. Selama ini, belum pernah direnovasi dan baru dilakukan tahun ini.
Pagi kemarin sekitar pukul 08.00, Miselan sedang menggali tanah di samping rumahnya. Sedianya untuk kolam ikan. Baru sekitar satu meter menggali, Miselan curiga dengan benda besi yang menyerupai peluru. Akhirnya digali lagi, hingga menemukan amunisi sebanyak 60 butir.
Miselan lantas melaporkan temuannya itu ke perangkat desa. Selanjutnya meneruskan temuan amunisi itu ke petugas Polsek Sumberpucung. Setelah dievakuasi dan dilakukan olah TKP, amunisi aktif tersebut kemudian diamankan di Polres Malang.(agp/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :