Lima Bulan Buron, Maling Sapi Diciduk

 
MALANG – Hampir lima bulan menjadi buronan polisi, Jadi alias Sogol, 44, berhasil dibekuk petugas Reskrim Polsek Karangploso. Warga Dusun Supiturang, Desa Bocek, Karangploso ini, ditangkap karena kasus pencurian sapi. Korbannya Lani Nur Bawon, warga Dusun Manggisari, Desa Bocek, Karangploso.
“Tersangka kami tangkap di rumahnya semalam (Selasa malam, red) setelah kami mendapat informasi kepulangannya. Ia masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak bulan April 2017,” terang Kapolsek Karangploso, AKP Farid Fathoni.
Menurutnya, aksi pencurian yang dilakukan Sogol ini, terjadi pada pertengahan April 2017 lalu. Modus operandi yang dilakukannya cukup unik. Sebelum mencuri pada malam harinya, siangnya tersangka datang ke rumah korban. Modusnya berpura-pura membeli sapi yang akan dicurinya.
Setelah terjadi tawar menawar, akhirnya disepakati harga. Namun tersangka tidak langsung membayar, tetapi mengatakan akan datang keesokan harinya untuk mengambil sapi dan menyerahkan uangnya. Tersangka juga berpura-pura melihat sapi di kandang. Padahal tujuannya adalah untuk mengawasi dan mencari jalan aksinya.
Baru malam harinya, ketika korban sedang terlelap tidur, tersangka datang dengan cara mengendap-endap. Ia masuk ke dalam kandang sapi, yang kemudian mencuri seekor sapi. Untuk menghilangkan barang bukti, sapi curian tersebut langsung dijual kepada seseorang di pasar sapi.
“Uang hasil penjualan sapi, diakui sudah habis untuk biaya perawatan istrinya di rumah sakit. Sekaligus untuk mencukupi kebutuhan keluarganya,” jelas mantan Kapolsek Sumbermanjing Wetan ini.
Terungkapnya aksi pencurian sapi tersebut, berawal dari laporan korban. Petugas kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Hasil keterangan saksi, mengarah pada tersangka hingga berhasil ditangkap Selasa malam.
“Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku sudah dua kali mencuri dengan modus yang sama. Saat ini, kami masih mengembangkan kasusnya apakah ada pelaku dan TKP pencurian lain,” ujarnya.
Sementara itu, Tim Buser Polres Malang, Selasa malam juga berhasil mengamankan pelaku pencuri sapi. Tersangkanya adalah Agus Widodo, 32 tahun, warga Dusun Boros, Desa Beringin, Kecamatan Wajak. Agus ditangkap petugas di Jalan Raya Kendalpayak, Pakisaji. Selama ini, ia juga masuk dalam DPO Polres Malang.
“Untuk tersangka Agus ini, kasusnya masih dikembangkan. Karena ada banyak TKP pencurian, termasuk masih ada pelaku lain yang buron. Kasusnya saat ini ditangani Satreskrim Polres Malang,” terang Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik.
Dari keterangan sementara, Agus ditangkap terkait kasus pencurian sapi yang terjadi di Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Poncokusumo pada 15 Agustus lalu. Selain itu ia juga terlibat pencurian sapi di beberapa TKP di wilayah Pasuruan dan Poncokusumo.(agp/jon)

Berita Lainnya :