Maling Kayu Jati Dibekuk

 
MALANG - Permono, sejak kemarin harus meringkuk di balik rutan Mapolsek Sumbermanjing Wetan. Warga Dusun Sidorejo Desa Tambakasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan itu ditangkap karena kasus pencurian kayu hutan jenis jati. Pria berusia 41 tahun ini, dibekuk petugas di tempat kerjanya.
"Pelakunya ada tiga, salah satunya tersangka Permono ini. Satu temannya Suwandi sudah menjalani hukuman. Tinggal satu pelaku lagi yang masih buron," jelas Kanitreskrim Polsek Sumbermanjing Wetan, Aiptu Shobikin.
Diperoleh keterangan, aksi pencurian dilakukan tersangka dan teman-temannya pada pertengahan bulan Mei 2017 lalu. Mereka mencuri kayu hutan jenis jati di Hutan Desa Tambakasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Modusnya mereka memotong pohon jati dengan gergaji mesin.
Setelah terpotong, kayu jati tersebut akan langsung dibawa pulang. Namun belum sempat mengangkut kayu, aksi mereka tepergok oleh petugas Perhutani. Dua di antaranya berhasil kabur, sementara Suwandi berhasil ditangkap.
Dari keterangan Suwandi inilah, akhirnya muncul nama tersangka Permono dan Andik. Namun ketika akan ditangkap, keduanya sudah lebih dulu kabur. Baru kemarin Permono ditangkap, sedangkan Andik kabarnya kabur ke Jakarta. Barang bukti yang diamankan, adalah enam gelondong kayu jati berukuran 2,5 meter serta sepeda motor yang menjadi sarana beraksi."Pengakuannya kayu tersebut akan dijual kepada seseorang," ujarnya. Ditambahkan Shobikin, untuk satu pelaku lagi yang masih buron saat ini sedang diburu.
"Identitasnya sudah kami kantongi. Kami imbau pelaku untuk menyerahkan diri, karena kemanapun pergi akan kami cari," tuturnya.(agp/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :